Berita

Plt Bupati Labuhanbatu MoU dengan Kepala LAN-RI

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) Adi Suryanto, dalam acara Inovasi Kolaborasi Percepatan Pembangunan Daerah, Senin (25/3), di Le Polonia Hotel & Convention Medan, disaksikan Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih dan Kepala Balitbang Hobol Zulkifli Rangkuti.

Nota Kesepahaman yang ditandatangi ini adalah tentang penguatan kapasitas Pemko Labuhanbatu melalui penyelenggaraan kegiatan kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, inovasi administrasi negara serta pendidikan tinggi.

Selain penandatanganan yang dilakukan Plt Bupati Labuhanbatu dengan Kepala LAN-RI, penandatanganan yang sama juga dilakukan antara Plt Bupati Labuhanbatu dengan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung SH MHum, Rektor Institut Teknologi Medan Dr Ir Mahrizal Masri MT IPM, Rektor Universitas Medan Area Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Agussani MAP, selanjutnya antara Plt Bupati Labuhanbatu dengan Pusat Peneliti Kelapa Sawit Dr Iman Yani Harahap, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumatera Utara H Syahlan Jukhri Nasution ST, IAI dan dengan Ikatan Alumni ITB daerah Sumatera Utara Ir Syaiful Basri Lubis.

Andi Suhaimi Dalimunthe mengatakan, Acara ini dibuat bukan untuk suatu yang tidak baik. “Kita membuat kerjasama ke depan, dimana Labuhanbatu ini bisa menjadi Labuhanbatu yang perekonomiannya lebih baik lagi. Kita menghasilkan CPO terbesar dan perusahaan-perusahaan terbesar di Kabupaten Labuhanbatu, PTPN III lahannya yang terbesar ada di Labuhanbatu, begitu juga dengan PTPN IV dan perusahaan-perusahaan yang lain,” tuturnya.

Ke depannya, bupati menginginkan suatu terobosan atau inovasi-inovasi yang terbaru dibuat di Kabupaten Labuhanbatu. “Makanya hari ini kita membuat suatu kerjasama, dan saya ada membuat inovasi yaitu akan memberikan beasiswa untuk anak-anak kita yang ingin melanjutkan kuliah baik itu ke negeri ataupun swasta, yang penting anak Labuhanbatu dan punya KTP Labuhanbatu.

Akan saya memberikan juga beasiswa bagi anak-anak yang tidak mampu untuk bisa melanjutkan kuliah, begitu juga untuk anak-anak kita yang ingin kuliah di luar negeri Al Azhar Kairo, kita sudah kerjasama disana.

Tahun lalu kita mengirimkan 5 orang, dan tahun ini sebanyak 6 orang,” jelas Andi Suhaimi. Menurutnya, ini adalah salah satu inovasi bagaimana ke depan Labuhanbatu ini lebih baik lagi.

Sementara, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) Dr Adi Suryanto M.Si dalam sambutannya mengatakan, mereka melakukan kerjasama sudah hampir 120 kali yang berkeinginan untuk mengembangkan inovasi.

“Pada forum pertama biasanya dilakukan MoU, kemudian dikumpulkan seluruh aparat Pemda, tapi hari ini saya melihat suatu yang sangat berbeda, karena yang dikumpulkan tidak hanya aparat Pemdanya, tetapi juga dari kalangan Perguruan Tinggi, dari Swasta, dari stake holder yang lain,” ungkapnya. (nik/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button