Berita

Pleno Terbuka KPU Sibolga: Paslon JP Nomor 1

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga dalam rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga, Kamis (24/9) di Rumah Pintar Pemilu (RPP), menetapkan Pasangan Jamaluddin Pohan – Pantas M Lumban Tobing (JP) dengan nomor urut 1.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Sibolga Khalid Walid dihadiri tiga komisioner KPU Sibolga, masing-masing Salmon Tambunan, Asa Dame Simanjuntak, Afwan Nasution, minus Asmar Harahap yang masih isolasi Mandiri akibat positif Covid 19. Ada juga Ketua Bawaslu dan anggota, Asisten II Yasman mewakili Pemerintah Kota Sibolga dan dihadiri Calon Walikota dan Wakil Walikota Jamal-Pantas dan ketua tim pemenangan M Waruwu alias Ucok Cardon. Selanjutnya rapat pleno dihadiri pimpinan parpol dan pendukung yang menunggu di luar, serta pihak kepolisian yang melakukan pengamanan.

Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid saat membuka rapat pleno mengatakan, pihaknya dalam melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2020 mengatur bahwa pengundian dan pengumuman nomor urut paslon dilakukan pada tanggal 24 September 2020,” jelasnya.

Dalam hal, terang Khalid, pada tahapan pengundian nomor urut sebagaimana dimaksud pada angka 1 terjadi kondisi hanya terdapat satu paslon yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan dan terdapat satu atau lebih bakal pasangan calon yang masih positif corona virus disease 2019 (Covid 19) atau masih dalam tahapan penelitian administrasi.

“Maka langkah-langkah penetapan nomor urut pasangan calon adalah, KPU Sibolga menetapkan satu paslon yang dinyatakan memenuhi syarat dengan nomor urut 1, melalui rapat pleno terbuka yang dituangkan dalam berita acara penetapan nomor urut dan ditetapkan dengan keputusan KPU Kota Sibolga,” tegas Khalid Walid.

Kemudian katanya, penetapan nomor urut bagi paslon yang telah dinyatakan negatif atau sembuh covid 19, dilakukan dengan pengundian nomor urut sebagai mana ketentuan Pasal 50 c ayat 7 PKPU nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020. Serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam covid 19.

“Nomor urut paslon yang bersangkutan mengikuti nomor urut berikutnya setelah nomor urut paslon yang sudah ditetapkan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang ditentukan dalam Peraturan KPU yang mengatur mengenai tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan,” jelas Khalid.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Jamal-Pantas, pada rapat pleno tersebut mengucapkan terima kasih atas kinerja KPU Sibolga sehingga memperoleh nomor urut 1, yang mencerminkan kemenangan.

“Kita berharap anggota KPU yang terkena covid 19 serta sekretaris KPU Sibolga yang juga terdampak covid 19, agar cepat sembuh sehingga bisa menunaikan tugas, dan kepada seluruh pendukung dan simpatisan kiranya dapat mematuhi protokol covid 19,” jelasnya. (mis)





Back to top button