Berita

Pilkades Serentak Humbahas Sukses: Wajah Baru Dominasi Pemenang Kades di Parlilitan

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Pemilihan Kepala Desa periode 2019-2025 di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) berjalan sukses. Perhelatan demokrasi yang digelar secara serentak, Senin (14/10/2019) pada 40 desa yang tersebar di delapan kecamatan itu berlangsung aman, lancar serta kondusif.

Enam dari empat puluh desa tadi, berada di kecamatan Parlilitan, yaitu Desa Sionom Hudon (Sion) Tonga, Sion Toruan, Sion Utara, Sion Selatan, Sion Timur serta Desa Baringin. Lima diantaranya diikuti kepala desa yang masih menjabat (Petahana).

Jonner Tinambunan satu-satunya Petahana yang terpilih kembali memimpin Desa Sionom Hudon Selatan untuk ke dua kalinya. Sementara, desa lainnya harus pasrah dipecundangi pesaingnya.

Jonner mengatakan bahwa ia sangat bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan kepadanya. Menurutnya itu merupakan anugerah yang patut disykuri.

Jonner juga mengucapkan terimakasih kepada tim dan warga Sionom Hudon (Sion) Selatan yang masih memberi kepercayaan kepadanya untuk kembali memimpin Desa itu enam tahun ke depan.

“Puji syukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan kepada saya hari ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada segenap keluarga yang mengasihi kami, sehingga masih mempercayakan saya memimpin kembali desa kita ini. Bagi saya, ini adalah amanah. Jadi, ke depan mari kita bekerjasama memajukan desa kita. Jangan sungkan untuk memberi koreksi kepada saya. Tentunya kemenangan ini juga tidak terlepas dari kerja keras tim. Jadi, untuk tim kami juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih banyak,” ujar Jonner usai perhitungan suara.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPMDP2A), Elson Sihotang juga memberikan apresiasi serta menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat hingga suksesnya kegiatan tersebut. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat  karena ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya proses pilkades.

“Terimakasih buat masyarakat secara umum, atas kebersamaan untuk menjaga ketenteraman dan lancarnya pemilihan kepala desa,” ucapnya.

Elson juga mengimbau, pasca Pilkades agar calon yang menang dan yang kalah kembali bersatu serta bersinergi membangun desa masing-masing. Yang kalah harus berlapang dada. Yang menang merangkul seluruh elemen masyarakat dan tidak usah menunjukkan euforia.

“Kompetisi sudah selesai. Tidak ada lagi nomor satu atau nomor dua. Yang ada sekarang adalah bicara skop desa,” tandas Elson melalui selluler, Selasa (15/10/2019).

Sekedar untuk diketahui, berikut nama-nama kepala desa terpilih periode 2019-2025 di Kecamatan Parlilitan- Desa Sionom Hudon (Sion) Selatan dimenangkan oleh Petahana Jonner Tinambunan dengan perolehan 455 suara mengalahkan pesaingnya Timbul Parsaoran Sihotang 367 suara serta Mangantar Tinambunan yang hanya memperoleh 61 suara. Untuk Desa Sionom Hudon (Sion) Tonga berhasil diraih oleh Sahat Hasugian dengan perolehan suara 300  mengalahkan petahana Pattun Tumanggor yang hanya memperoleh 266 suara.

Sementara itu, calon kades petahana Desa Sionom Hudon (Sion) Utara,  Asmon Parsaoran Sihotang gagal mempertahankan posisinya untuk periode kedua. Dengan selisih 34 suara, saingannya Raja Jonri Eduard Tinambunan berhasil mengalahkan Asmon dengan perolehan 220 suara.

Sementara, Desa Sionom Hudon (Sion)Timur dimenangkan oleh Piator Tinambunan dengan perolehan 258 suara. Pesaingnya, Sondang mengoleksi 212 suara jauh mengalahkan Petahana, Pintor Tinambunan  148 suara disusul Elman Sihotang 13 suara.

Kemudian,  Desa Sionom Hudon (Sion) Toruan, suara terbanyak berhasil diraih oleh Dispen Barasa. Sebanyak 252 suara yang diperoleh Dispen Barasa membuat petahana Sosyawan Barasa tertinggal jauh pada angka 141 suara. Sementara calon lainnya Darsian Barasa memperoleh 114 suara serta Marolop Barasa hanya 2 suara. Untuk Desa Baringin, dimenangkan oleh Hotmauli Sitohang dengan perolehan 270 suara. Sementara dua orang pesaingnya, yakni Dame Aritonang dan Sastro Sitohang hanya memperoleh 246 dan 80 suara. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button