Berita

Pilkada Humbahas Hanya Satu Paslon

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum Humbang Hasundutan (Humbahas) resmi menetapkan satu pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil bupati, yakni Dosmar Banjarnahor dan Oloan P Nababan dalam pilkada serentak yang akan digelar pada sembilan Desember 2020 nanti.

Penetapan Paslon Kepala Daerah Humbahas periode 2021-2024 digelar di kantor KPU Humbahas secara live streaming, Rabu (23/9) lalu. Dengan demikian, kontestan pasangan calon Dosmar Banjarnahor dan Oloan P Nababan akan bertanding melawan kolom (kotak) kosong.

Ketua KPU Humbahas, Binsar Pardamean Sihombing didampingi empat komisioner lainnya dalam menyampaikan, penetapan sesuai PKPU Nomor: 5 Tahun 2020. KPU Humbahas sudah melaksanakan tahapan pencalonan, pendaftaran, perpanjangan pendaftaran dan verifikasi syarat calon dan selanjutnya penetapan pasangan calon.

“Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) KPU Humbahas Nomor: 118/PL.02.-Kpt/1216/KPU Kab/IX/2020 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Tahun 2020, KPU menetapkan Dosmar Banjarnahor sebagai calon bupati dan Oloan P Nababan sebagai calon wakil bupati, pada Pilkada Humbahas Tahun 2020,” kata Binsar dalam video siaran langsung yang diunggah dalam akun fan page KPU Kabupaten Humbang Hasundutan, (23/9).

Dalam Video yang berdurasi 11 menit itu juga disebutkan bahwa Paslon Dosmar Banjarnahor dan Oloan P Nababan di dukung oleh enam gabungan partai politik (Parpol) dengan 22 jumlah kursi di DPRD Humbahas yang terdiri dari PDIP, Demokrat, Hanura, Gerindra, NasDem serta Golkar.

Selain mengeluarkan SK penetapan Paslon, KPU Humbahas juga mengeluarkan Surat Keputusan penetapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Humbahas dengan satu Paslon. SK tersebut dituangkan dalam Nomor: 119/PL.02.0-Kpt/1216/KPU Kab/IX/2020.

Ketua KPU Humbahas Binsar Pardamean Sihombing saat dikonfirmasi mengatakan bahwa penetapan Paslon sengaja dilakukan dengan live streaming guna menncegah kerumunan, mengingat situasi pandemi covid-19.

Dia menambahkan, sesuai tahapan, akan dilakukan pengundian tata letak, penandatanganan fakta integritas dan deklarasi kampanye damai, Kamis (24/9) di Kantor KPU Humbahas, Desa Aek Nauli II, Kec. Pollung.(sht)



Pascasarjana


Unefa
Back to top button