Berita

Pilkada 2020, Laju Inflasi Diprediksi Tetap Rendah

FaseBerita.ID – Bank Indonesia (BI) Sibolga memprediksi laju inflasi 2020 di wilayah kerjanya (Wilker) masih akan tetap rendah dan terkendali, sama seperti di 2019 lalu berada dibawah 3 persen.

Sekalipun berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada sebanyak 11 dari 16 daerah di Wilker bank milik Pemerintah Indonesia di Kota Sibolga itu yang akan terlibat langsung dalam politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Kami optimis inflasi 2020 ini tetap terkendali di bawah 3 persen, sepanjang tidak ada kondisi alam atau kondisi ekstrem yang membuat gagal panen dan lain sebagainya. Sekalipun itu banyak daerah di Wilker kita yang akan melaksanakan pilkada di 2020 ini,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga Suti Masniari Nasution di Sibolga.

Suti tidak mempermasalahkan seberapa besar uang kartal yang akan beredar di wilayah kerjanya sepanjang pelaksanaan pilkada 2020.

“Sebab uang yang beredar tersebut akan jatuh ke konsumsi juga atau berputar ke sektor riil. Dimana even-even pilkada atau rapat-rapat pilkada dipastikan akan menyediakan makanan dan minuman (Konsumsi) serta lainnya,” jelasnya.

Sehingga, katanya lagi, hal itu berdampak positif juga kepada UKM-UKM daerah selaku yang memproduksi makanan dan minuman dan lainnya.

“Jadi, kita bersyukur aja karena pastinya uang yang beredar itu, jatuhnya akan kesitu lagi (konsumsi). Dimana konsumsi akan meningkat. Padahal konsumsi ini merupakan penggerak ekonomi atau salah satu komponen yang menaikkan pertumbuhan ekonomi atau GDP (Gross Domestic Product/Produk Domestik Bruto),” bebernya.

Adapun 11 Kabupaten/Kota di Wilker BI Sibolga yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 itu yakni Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kota Sibolga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan. (rb)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker