Berita

Petugas PPK dan PPS Dilindungi BPJamsostek

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bekerja sama dengan BPJS Tenaga Kerja atau dikenal dengan sebutan BPJamsostek menandatangani kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka memberikan perlindungan bagi semua anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Madina.

Penandatanganan MoU itu dilaksanakan di gedung Serba Guna Panyabungan usai pelantikan 115 orang PPK di 23 Kecamatan se Madina pada hari Sabtu (29/2) kemarin. Ada dua perlindungan yang disepakati, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Ketua KPU Madina, Fadhillah Syarief SH mengatakan, keikutsertaan PPK dalam program JKK dan JKM BPJamsostek Madina sebagai salah satu bentuk kepedulian dan perlindungan bagi petugas selama bekerja menjalankan tahapan pelaksanaan Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2020.

“Berdasarkan pengalaman pada Pemilu tahun 2019 yang lalu, banyak petugas yang mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia. Karena itu, BPJamsostek ini sebuah solusi membantu kita bila terjadi hal yang kita tidak inginkan selama menjalankan tugas penyelenggara Pilkada Madina,” sebutnya.

“KPU Madina menyetujui kerjasama dengan BPJamsostek Madina untuk dua item, yaitu JKK dan JKM, ini guna membantu melindungi petugas kita. Dan, nanti tidak hanya PPK saja, kita akan himbau supaya semua PPS di 404 Desa dan Kelurahan se Madina untuk ikut program ini,” kata Syarif.

Sementara itu Kepala BPJamsostek Madina, Fachri Idris menjelaskan, program JKK dan JKM ini memiliki manfaat yang besar bagi petugas penyelenggara Pilkada yang bekerja penuh waktu. Karena, kata dia.

BPJamsostek melalui program JKK dan JKM akan memberikan perlindungan bagi petugas PPK maupun PPS nantinya.

Fachri menyebut, KPU Madina mendaftarkan seluruh PPK menjadi peserta BPJamsostek Ketenagakerjaan, hal ini mengingat besarnya resiko pekerjaan PPK yang rentan terhadap resiko sosial ekonomi seperti meninggal dunia ataupun kecelakaan kerja.

“Didaftarkannya seluruh PPK oleh komisioner KPU menjadi peserta BPJamsostek dalam program JKK dan JKM, sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap PPK. Dan untuk Iurannya hanya sebesar Rp13.500 peroorang setiap bulan, selama bekerja menjadi PPK,” terangnya. (wan)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close