Berita

Petugas KPPS Direkomendasikan Miliki Surat Kesehatan

FaseBerita.ID – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Asahan menggelar rapat evaluasi pemilihan anggota DPRD Asahan pada Pemilu 2019 di aula kantor setempat, Sabtu (2/11/2019).

Karena seluruh tahapan pemilu 2019 telah berakhir KPU Asahan mendengarkan masukan dan saran terhadap evaluasi proses pemilu yang terlaksana. Salah satunya usulan dari salah satu Parpol dan Dinas kesehatan Kabupaten Asahan agar perekrutan Petugas Kelompok Pemungutan Pemilihan Suara (KPPS) diremomendasikan untuk diperiksa kesehatannya terlebih dahulu.

“Mengingat banyaknya beban kerja dan korban sakit pada petugas KPPS kemarin. Kami berharap KPU Asahan bisa menyampaikan atau menyahuti rekomendasi kami agar petugas pemilu terlebih dahulu dicek kesehatannya,” kata Nurdin mewakili Dinas Kesehatan Asahan.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Asahan Hidayat, merespon positif dan akan memberikan masukan ini kepada KPU di Sumut dan kedepan mendapat pembenahan dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu.

Lebih jauh Hidayat  menjelaskan evaluasi dilaksanakan untuk mendengar masukan serta saran hal apasaja yang kurang dan haris diperbaiki dalam penyelenggaraan Pemilu kemarin.

“Makanya kita undang peserta dari perwakilan Parpol, dan dinas terkait agar kami mendapat masukan kekurangan apa saja yang jadi perhatian kami sebagai penyelenggara dan apa yang harus ditingkatkan,” kata Hidayat.

Dalam rapat evaluasi itu terdapat beberapa perhatian dan kendala bagi KPU sebagai penyelenggara seperti menumpuknya berkas pendaftaran caleg terutama tiga hari sebelum batas akhir pendaftaran sehingga tim verifikasi di KPU Asahan harus bekerja ekstra hingga dini hari, kemudian persoalan keterwakilan 30 persen perempuan yang tak semua bisa dipenuhi parpol, dan banyak operator tak paham sistim informasi pencalonan (SILON).

“Disamping itu, banyak pula tak sesuainya nama calon antara di KTP, ijazah, dan berkas pencalonan hingga membingungkan kami untuk memakai nama yang valid,” tambah Rahmawani Kordiv Penyelenggara Pemilu KPU Asahan.

Dalam evaluasi itu, menjadi perhatian pula soal distribusi logistik dikesalkan oleh banyak pihak karena terjadi keterlambatan akibat pendistribusiannya bahkan di hari pelaksanaan sampai ada logistik dan surat suara yang belum tiba. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button