Berita

Petugas Damkar Pantang Pulang Sebelum Api Padam

FaseBerita.ID – Sebanyak 98 orang petugas pemadam kebakaran (Damkar)  Kabupaten Labuhanbatu Utara dilatih selama tiga hari, mulai tanggal 22 hingga 24 April 2019.

Pembukaan pelatihan pemadam kebakaran, Selasa (22/4), dipimpin Kadis Damkar Ahmad Sofyan di Grand Hotel Labura Aek Kanopan. Pelatihan ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta kecerdasan dalam penanganan bencana kebakaran di area gedung bertingkat.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Labura Ahmad Sofyan melalui sekretarisnya, Kukuh Subandi mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparatur petugas Damkar bagaimana teknik pemadaman api dengan benar dan tepat, mulai kebakaran lahan sampai gedung bertingkat, serta teknik pertolongan dan  evakuasi korban yang terjadi di lapangan, serta bagaimana memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadap bahaya kebakaran yang dapat merugikan baik secara moril maupun material, dengan meningkatkan kualitas personel.

“Melalui wadah pelatihan  ini, yang dilakukan mulai dari pemberian materi, teori dan praktek simulasi di kantor Damkar Labura. Sedangkan pelatihan fisik bertempat di gedung bertingkat RSUD Labura yang tengah proses pembangunan berada di Jalinsum Sidua-dua,” ujarnya.

Masih kata Kukuh Subandi, petugas Damkar wajib siap siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kobaran api dengan motto

“Pantang pulang sebelum padam, walaupun nyawa taruhannya”. Pelatihan secara teori berlangsung di Grands Hotel Labura Aek Kanopan, sedangkan latihan secara praktek di kantor Dinas Damkar dan gedung bertingkat bangunan RSUD Labura. Pelatihan ini menghadirkan instruktur dan narasumber dari Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran Riau 1, dan Kota Tanjungbalai, serta PMI Labura. (st/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button