Berita

Persoalkan Ijin Perusahaan Perkebunan Mahasiswa Ngadu ke Wakil Rakyat

FaseBerita.ID – Diduga Puluhan tahun beroperasi, sejumlah Perusahaan Perkebunan di Palas belum mengantongi ijin. Namun dapat melenggang mulus beroperasi.

Terkait itu, sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan dari Gerakan Mahasiswa Bawah Tanah menggelar aksi demo ke kantor DPRD Palas, Kamis (9/7). Dalam aksinya massa menuntut keterlibatan DPRD Palas menindak lanjuti persoalan ijin perusahaan-perusahaan tersebut.

Dicontohkan massa pendemo, seperti perusahaan kebun kelapa sawit MD Panjaitan, PT Hexa, Gabungan Sawit Sejahtera dan PTPN II yang beroperasi di Kecamatan Barumun Tengah sekitarnya, sampai saat ini masih dipertanyakan ijinnya. Yang akibatnya sangat berdampak pada pendapatan daerah.

“Dan kita meminta dewan untuk memanggil Dinas Perizinan untuk menggelar RDP terkait persoalan ijin perusahaan kebun di Palas ini,” ungkap Mittun Hadamean Hasibuan dihadapan dewan yang diterima di ruang paripurna itu.

Berdasarkan surat dari Dinas Perizinan nomor 503/ 0305/2020 massa mahasiswa ini juga meminta kepada pihak dinas terkait untuk memberhentikan seluruh aktivitss kegiatan perkebunan yang tidak memiliki ijin operasi. Dan serius mengawal seluruh perusahaan yang tidak memiliki ijin operasional tersebut.

“Kami siap mengawal guna menindak lanjuti persoalan ijin usaha perkebunan di kabupaten palas ini,” sebut Mittun didampingi koordinator aksi Mara Husin Nasution dan koordinator lapangan Muzir.

Menanggapi itu, Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar yang menerima aspirasi ini sepakat untuk menindak lanjutinya. Malah, dijadwalkan akan turun bersama legislatif dan pihak-pihak terkait ke lapangan.

“Kita sepakat, kepentingan ini semata untuk peningkatan PAD kita, yang tentunya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat kita. Kekayaan SDA kita ini, jangan sampai diambil tangan-tangan jahat. Nanti kita sesuaikan dulu jadwalnya, turun ke lapangan,” tegas Ketua DPRD Amran Pikal.

Selain ketua DPRD, kedatangan para mahasiswa ini turut diterima wakil ketua Sahrun Hasibuan, anggota Baharuddin Daulay, Sufriadi Halomoan Hasibuan, Muarakumpul Nasution, dan M Iketaken Hasibuan. Demo ini juga dikawal kepolisian Resort Palas dan Satpol PP. (tan)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button