Berita

Perlintasan Kereta Api di Pasar Baru Tanjungbalai Rawan Kecelakaan

Tanpa Palang

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID-Perlintasan kereta api di jalan DI Panjaitan Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai, rawan terjadi kecelakaan karena tidak ada palang pintu tanda keluar masuknya kereta api.

Fauzi warga setempat, kepada awak media ini, Jumat (28/8/2020) mengatakan, sudah bertahun-tahun palang pintu kereta api tidak ada. Sehingga, ditakutkan terjadi kecelakaan karena banyak anak anak pulang sekolah melewati lintasan jalan ini. Di lokasi ini sudah pernah terjadi kecelakaan yang memakan korban jiwa, baik pengendara roda dua maupun empat.

“Perlintasan ini harus menjadi perhatian pihak kereta api, karena menyangkut keselamatan pengguna jalan,” sebutnya.

Salah satu pengendara sepeda motor bernama Amri warga Sei Raja,  mengaku selalu khawatir saat melintasi perlintasan KA tersebut. Meski sudah sering melewati jalan tersebut, namun selalu ada kekhawatiran saat melintasi lokasi tanpa palang pintu kereta api.

“Meskipun ada sirine tanda KA melintas, tetap saja harus waspada dan berhenti. Tapi kan, kita tidak tau juga batas aman berhenti itu seberapa jauh. Setidaknya, bila ada palang pintu diketahui batas aman ketika menunggu kereta api melintas,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, sebelum melintasi rel pengendara memperlambat laju kendaraannya guna melihat kekiri dan kekanan apakah kereta api masuk dan keluar yang melintas di lokasi. Lantaran, jarak pandang untuk melihat kerata api cukup minim. Lalu, jalur rel dari arah Tanjungbalai menuju Medan berada di tikungan, sehingga kerata api tidak kelihatan dari kejauhan.

Warga berharap agar kiranya pemerintah Tanjungbalai peduli melihat hal ini langsung dan memberikan teguran kepada pihak PT Kerata Api Indonesia ( Persero ) di Tanjungbalai karena ini menyangkut keselamatan warga.(Ck2)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button