Berita

Perkara NHD: KPK Sita Lahan Kebun Kelapa Sawit di Palas

FaseBerita.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun ke Kabupaten Padang Lawas terkait perkara atasnama tersangka NHD DKK. Keberadaan lembaga antirasuah ini di Kabupaten bervisi misi ‘Bercahaya’ ini, guna menyita sejumlah aset kebun kelapa sawit milik NHD.

Informasi yang diterima grup media ini dari Ali Fikri, selaku Plt Jubir KPK menyebutkan sejak Selasa (11/8/2020), Tim Penyidik KPK sudah berada di Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Tim penyidik berkoordinasi dengan Kristanti Yuni Purnawanti selaku Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas, Sumatera Utara, untuk melanjutkan proses penyidikan perkara TPK dugaan Suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di Mahkamah Agung pada tahun 2011-2016 dengan tsk NHD dkk.

Koordinasi ini dilakukan dalam bentuk peminjaman ruang kerja sebagai tempat pemeriksaan saksi-saksi dalam rangka penyitaan dan juga bantuan pengamanan dari personil Kejaksaan Negeri Padang Lawas Sumatera Utara.

Baca: Nurhadi Diduga Beli Kebun Sawit di Palas Pakai Duit Suap

“Agenda yang dilaksanakan oleh Tim Penyidik KPK yaitu pemeriksaan saksi-saksi dalam rangka penyitaan barang bukti berupa dokumen-dokumen dan lahan kelapa sawit yang tersebar di beberapa kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Padang Lawas yang diduga terkait dengan tsk NHD,” kata Ali Fikri dalam pesannya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Kristianti Yuni Purnawanti membenarkan keberadaan penyidik KPK di Kejaksaan Negeri Padang Lawas, Selasa (11/8). Usai pemeriksaan sejumlah saksi, KPK langsung turun ke lokasi-lokasi kebun, yang diduga milik NHD.

“Lakukan pemeriksaan saksi dan penyitaan aset NHD yang ada di Padang Lawas,” aku Kajari Padang Lawas lewat pesannya.

Berdasar amatan, Rabu (12/8) penyitaan berupa pemasangan plang di lokasi lokasi yang diduga sebagai aset NHD, masih terus berlangsung. Dimulai dari aset kebun di Mondang Kecamatan Batang Lubu Sutam, Selasa (11/8). Lalu dilanjutkan ke Desa Pancaukan Kecamatan Barumun, lanjut ke Kecamatan Barumun Selatan. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button