Berita

Peringatan HUT ke-21, Serikat Kerja PLN Kota Siantar Donor Darah Bersama

SIANTAR, FaseBerita.ID-DPD dan DPC Serikat Kerja PLN UIW Sumatera Utara mengadakan donor darah bersama dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-21 serikat pekerja.

Di DPC Serikat Pekerja PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pematangsiantar, dilaksanakan, Rabu (26/8/2020) di Kantor Cabang PLN Pematangsiantar Jalan MH Sitorus.

Serikat Pekerja PLN yang terdiri dari 1 DPD dan 9 DPC ini menargetkan bakti sosial 1.000 kantong darah para peringatan hari ulang tahun kali ini.

Kepala Cabang PMI Kota Pematangsiantar dr Rajin Saragih didampingi Kepala Unit Donor Darah dr Abadi Sinaga menyampaikan apresiasi atas kegiatan sosial serikat pekerja dengan melakukan donor darah bersama.

“Kami sampaikan terimakasih kepada seluruh anggota serikat pekerja PLN (Persero) yang melakukan donor darah bersama. Kegiatan ini sangat membantu PMI dalam misi memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit di Siantar dan Simalungun,” kata dr Abadi Sinaga.

Dijelaskan dr Abadi, kegiatan donor darah Serikat Pekerja PLN Unit Layanan Pematangsiantar berhasil mengumpulkan 35 kantong darah. Seluruh pendonor sebelumnya diperiksa kesehatannya sebelum melakukan donor.

Dalam kesempatan itu, dr Abadi Sinaga menyampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan darah dari PMI Cabang Pematangsiantar agar langsung mendatangi kantor PMI. Itu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, terutama terkait harga yang harus dibayarkan pasien untuk sekantong darah. PMI secara nasional memberlakukan biaya pengganti proses pengolahan darah sebesar Rp360 ribu.

“Darah yang ada di PMI merupakan sumbangan dari pendonor, namun untuk proses pemeriksaan, pengolahan darah tersebut dikenakan biaya. Harganya Rp360 ribu. Perlakuannya sama jika ada keluarga pasien yang mendonorkan darah untuk digunakan sendiri. Karena biaya tersebut untuk pengolahan,” kata dr Abadi Sinaga.(fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button