Berita

Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2019 di Sumut: Stunting dan Jaminan Kesehatan Fokus Utama

FaseBerita.ID – Stunting dan jaminan kesehatan menjadi isu kesehatan utama dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM). Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R Sabrina, pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 2019 Tingkat Sumut. Acara ini mengangkat tema ‘Generasi Sehat, Indonesia Unggul’, Minggu (17/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Sabrina juga mengatakan, dalam membangun SDM yang berkualitas, semua pihak harus berkerja sama dalam pemberian jaminan kesehatan dan penurunan stunting. Menurutnya, untuk meretas masalah stunting diperlukan kolaborasi yang baik antar beberapa instansi. “Ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan.

Stunting dimulai dari anak dalam kandungan, misalnya Dinas PPPA, mereka harus meningkatkan sosialisasi masalah gizi bagi ibu hamil. Kemudian kesehatan reproduksi pada remaja sampai kepada orang tua. Faktor sanitasi juga mempengaruhi stunting.

Untuk itu, Dinas PSDA juga harus terus bergerak menyelesaikan masalah sanitasi, air bersih, dan lain sebagainya. Semua hal itu menjadi bagian dari upaya pencegahan stunting,” ungkap Sabrina.

Sabrina juga mengingatkan pentingnya kegiatan promotif-preventif. “Lewat kegiatan ini, mari jadikan momentum yang baik untuk mengingatkan kita, derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan dapat terwujud, bila ada peran serta semua pihak dalam upaya kesehatan. Tentunya dengan memprioritaskan promotif-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif,” imbuhnya.

Dia berharap, masyarakat merefleksikan sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan. “Masyarakat harus melihat sejauh mana keterlibatan lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan menuju Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat,” kata Sabrina.

Sebelumnya Wakil Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, kesehatan adalah aset yang berharga.

“Jika kita sehat, kita bebas melakukan apa pun yang diinginkan. Karena itu, menjaga kesehatan adalah hal yang patut dilakukan. Kalau bisa tak hanya sekadar menjaga, tapi mempersiapkan kesehatan yang baik untuk masa depan,” harapnya.

Dia juga berharap, agar seluruh komponen masyarakat berperan dalam pembangunan kesehatan, dan terus menggelorakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Mulailah hidup sehat dari diri sendiri. Tentu nantinya akan mampu untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya pola hidup yang sehat,” imbuh Ali.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Sekdaprov Sumut, Wakil Bupati Deliserdang, yang turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahid Hasibuan, Ketua TP PKK Deliserdang Hj Yunita Ashari Tambunan, Ketua GOPTKI Deliserdang Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang dr Ade Budi Krista, dan Kepala RSUD Deliserdang dr Hanif Fahri, menyerahkan piagam penghargaan kepada RS Bandung, atas dukungannya kepada pembangunan kesehatan masyarakat. Penghargaan juga diberikan kepada RSUD Deliserdang, atas partisipasi dan dukunganya terhadap pelaksanaan HKN 2019.

Terakhir diberikan penghargaan kepada RS Siloam, RSUP H AdamMalik, dan RS Murnih Teguh, atas dukunganya terhadap pelaksanaan Sail Nias 2019, serta penghargaan lainnya dan pemberian gigi palsu kepada masyarakat. (btr/saz/smg)

Tags

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close