Berita

Peringatan Hari Kartini di Paluta: Perempuan Harus Tingkatkan Kualitas Diri dan Kuasai Iptek

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar peringatan Hari Kartini yang ke-140 di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Paluta, Senin (22/4).

Peringatan Hari Kartini tahun ini mengangkat tema ‘Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Generasi Penerus Bangsa’ dihadiri oleh Bupati Andar Amin Harahap, Ketua TP PKK Paluta Nyonya Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap, Pimpinan OPD, Camat se-Paluta, pengurus DWP Paluta, Persit KCK Paluta, Bhayangkari Paluta beserta undangan lainnya.

Bupati Andar Amin Harahap mengatakan bahwa peringatan Hari Kartini adalah bentuk semangat untuk mengingat perjuangan ibu RA Kartini yang ingin mensejajarkan laki-laki dengan perempuan tanpa mengabaikan kodrat yang melekat pada diri perempuan.

Lanjutnya, iklim sosial budaya daerah yang belum sepenuhnya mendukung upaya meningkatkan harkat dan martabat perempuan. Masih terdapat cara pandang masyarakat yang membedakan perempuan dan laki-laki yang menjadikan perempuan masih berada dalam bayang-bayang patriarki.

“Untuk perempuan Paluta, tingkatkan kualitas diri, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Saya yakin bila perempuan Paluta mempunyai kualitas SDM yang handal, maka kedudukan perempuan akan selalu diperhitungkan dalam segala sektor pembangunan,” ujarnya.

Dikatakan Bupati Andar, melihat dari tema peringatan hari Kartini yang ke-140 ini, selayaknyalah peringatan ini dirangkai dengan kegiatan yang mendorong perempuan untuk mencerdaskan diri dan meningkatkan kualitas keluarga karena inti dari perjuangan Kartini adalah mencerdaskan kaum perempuan yang tetap mencintai kodratnya.

Pada kesempatan ini ia mengucapkan selamat Hari Kartini yang ke-140 kepada seluruh kaum perempuan khususnya di Paluta dan semoga dapat meneruskan perjuangan dan cita-cita Kartini dengan menjadi wanita yang cerdas, berprestasi, berdedikasi bagi keluarganya dan masyarakat serta menjadi inspirasi bagi kaum wanita lainnya.

“Selamat Hari Kartini, jadilah Kartini masa kini yang berkiprah dalam mengisi pembangunan yang beriman, cerdas maju dan beradat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Paluta Nyonya Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap mengatakan peringatan Hari Kartini merupakan salah satu wujud untuk menghormati perjuangan RA Kartini dalam mewujudkan cita-cita untuk memajukan kaum wanita tanpa meninggalkan kodratnya sebagai ibu, istri dan sebagai pendidik anak-anak.

Lanjutnya, peringatan hari Kartini ke 140 tahun 2019 ini juga diwarnai dengan sejumlah kegiatan yang digelar sebelumnya antara lain lomba busana Kartini yang diikuti oleh TP PKK seluruh kecamatan, lomba hias dan merias wajah serta sejumlah kegiatan lainnya. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button