Berita

Peringatan Hardiknas di Asahan: Inspirator Pendidikan Terima Penghargaan

KISARAN, FaseBerita.ID – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019 diperingati sebagai bentuk refleksi dan momentum untuk menguatkan kembali sistim pendidikan bagi anak bangsa.

Hal itu ditandai dengan peringatan upacara di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (2/5).

Selain menggelar peringatan upacara seremoni yang dipimpin oleh Plt Bupati Asahan H Surya, dalam kesemptan itu diberikan pula lima penghargaan kepada warga dan perusahaan yang dianggap memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan termasuk pemberian bingkisan kepada 76 pelajar yang berprestasi.

Membacakan amanat dan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Wakil Bupati Asahan menyampaikan sesuai tema Hardikas pada tahun ini tingkat Kabupaten adalah Asahan cerdas, menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan.

“Peringatan Hardiknas ini juga kita jadikan refleksi terhadap usaha yang telah kita perjuangkan pada bidang pendidikan, sebagaimana yang disebutkan dalam undang undang pada sistim pendidikan Nasional pendidikan kita berdasarkan Pancasila dan undang undang sedangkan kebudayaan adalah akar dari pendidikan Nasional,” kata Surya dihadapan peserta upacara, Rabu (2/5) dikantor Bupati Asahan.

Mendikbud juga mengajak dalam momentum Hardiknas ini untuk kepada seluruh stakeholder agar terus berkomitmen dan berikhtiar dalam membangun pendidikan, sebab dengan kebudayaan yang maju akan pendidikan semakin kuat.

“Karena itulah pada hari Pendidikan Nasional ini mari satukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, salah satu dukungan yang perlu diberikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Diakhir upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional ditutup dengan pemberian hadiah kepada 76 orang siswa berprestasi dari berbagai sekolah di kecamatan Kabupaten Asahan kemudian pemberian penghargaan kepada lima orang warga dan instansi yang berjasa dalam dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Asahan.

Adapun kelima penghargaan tersebut diberikan kepada warga bernama Miradi sebagai bentuk kepeduliannya menggratiskan pembiayaan pendidikan sekolah dan tahfidz Quran bagi warga tak mampu. Hidayat sebagai pelatih dan pengembang budaya senandung di Kabupaten Asahan.

Kemudian, PTPN 4 Bandar Pasir Mandoge dan PTPN 3 Sei Kopas yang sudah membantu baju seragam sekolah bagi ratusan siswa di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, kemudian PT AIP yang berkontribusi membantu mobile 80 unit sekolah. (Per)

iklan usi



Back to top button