Berita

Perekrutan PPK di Asahan Diminta Transparan

FaseBerita.ID – Lingkar Mahasiswa (LIMA) Asahan mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar transparan dan taat pada peraturan yang berlaku pada perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK. Hal ini penting demi menjaga kondusifitas pada setiap proses di Pilkada pada tahun 2020 mendatang.

“Keberhasilan pemilu itu salah satu nya ditentukan dari penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu sampai jajarannya, PPK, PPS, hingga KPPS,” kata Ketua Pembina Lingkar Mahasiswa Asahan Husni Mustofa saat berbincang bersama wartawan, Selasa (21/1).

Menurut Husni, KPU harus jeli dalam melakukan seleksi kepada orang yang akan menjadi PPK, jangan sampai orang orang yg memiliki rekam jejak buruk dan tidak berintegritas yang kemudian menjadi penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan.

“Pilkada ini sangat sensitif. Perlu penyelenggara yang berintegritas sebab berdasarkan pengalaman pemilu kada yang pernah dilaksanakan di negara ini tidak jarang kita dengar PPK integritasnya tergadaikan, bahkan malah menjadi Tim sukses salah satu kontestan, ini tentu mencederai dan menghancurkan demokrasi,” kata mahasiswa pasca sarjana ini.

Bahkan ironisnya dibeberapa daerah terdengar PPK melakukan Penambahan dan pengurangan suara terhadap perolehan suara calon tertentu, kemudian tidak paham tupoksinya karena minim pengalaman atau SDM – nya rendah.

“Akibatnya terjadi kecurigaan dan memicu keributan yang berakhir dengan bentrok. Tentu hal ini kita harapkan tidak terjadi di kabupaten Asahan. Olehkarenanya penting bagi KPU untuk selektif dan betul betul melihat rekam jejak dan pengalaman  para penyelenggara pemilu di kecamatan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Asahan Hidayat SP yang dikonfirmasi wartawan mengatakan pihaknya pasti semaksimal mungkin menegakkan aturan yang ada untuk menjaring calon petugas pemilu kecamatan yang kredibel dan mengerti tugas jabatannya sebagai penyelenggara.

“Pastinya dalam perekrutan ini kami menegakkan seluruh peraturan yang ada. Kita upayakan berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara ini penjaringan pendaftaran calon PPK yang mendaftar di KPU Asahan sudah ada sebanyak 148 orang. Pendaftaran bakal ditutup pada tanggal 21 Januari mendatang dan akan diumumkan hasil seleksi administrasinya. (per)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker