Berita

Perayaan Natal Sektor V GKPS Pamatang Simalungun Sukses

Sungguh Baik dan Indah Bila Kita Duduk Bersama

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Natal menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani setiap tahunnya. Perayaan Natal yang berdekatan dengan Tahun Baru juga selalu dirayakan dengan sangat meriah.

Tidak ketinggalan dengan Jemaat Sektor V GKPS Pamatang Simalungun. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Jemaat Sektor V merayakan Natal dengan sederhana namun meriah. Semangat anak-anak menambah nikmatnya suasana natal yang digelar, Sabtu malam (14/12).

Adapun tema Natal diambil dari Mazmur 133:1b atau Psalmen 133:1b berbunyi “Tonggor naha dearni ampa naha jengesni anggo rap hundul manarsanina (Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama)”. Dengan Sub Tema “Tingkathon hitama hasadaon ta marhitei Natal on, ai sarupa do hita i lobei ni Kristus (Mari kita tingkatkan kesatuan melalui Natal ini, karena kita demua sama di depan Tuhan).”

Natal kali ini diisi dengan berbagai acara. Mulai dari kebaktian, liturgi, puisi, vokal grup, solo, hiburan yang diperankan anak-anak hingga acara Lucky Draw dan lelang hingga pemberian bingkisan natal terhadap anak-anak.

Untuk khotbah Natal, diisi oleh Pendeta Dr Jusni H Saragih. Dalam khotbahnya yang diambil dari Mazmur 133:1b, Pdt Jusni mengatakan, dari kegiatan ini bisa makin meningkatkan persahabatan dan persaudaraan umat Kristiani khususnya Jemaat Sektor V Pamatang Simalungun.

“Alangkah baik dan indahnya apabila kita diam bersama dalam segala hal, termasuk untuk merayakan Natal. Melalui perayaan Natal ini, kita tingkatkan kebersamaan dalam memuji Tuhan,” kata Pdt Jusni sembari memberi perumpaan atau contoh yang baik terhadap anak-anak dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diberikan orangtua terhadap mereka.

Selain itu, diharapkan semangat Natal akan makin meningkatkan komitmen jemaat untuk memberi pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

Hal serupa disampaikan Ketua Natal sekaligus Ketua Sektor V GKPS Pamatang Simalungun St Benson Purba. Ia menyampaikan terimakasih kepada pendeta, PMJ, panitia, jemaat hingga undangan karena sudah mau bersama-sama duduk merayakan Natal malam itu.

Menurut dia, perayaan Natal harus dapat dijadikan momentum bagi umat Kristiani untuk bisa lebih meningkatkan kualitas kehidupan beragama sesuai nilai dan ajaran yang diyakini. Sebab, peningkatan kualitas beragama menjadi modal penting bagi pembangunan bangsa yang majemuk, khususnya anak-anak.

Selain itu, Benson berharap semua pihak dapat mengedepankan sikap saling menghormati dan bertoleransi. Dia menegaskan, di tengah keberagaman di Indonesia, sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan sangat diperlukan. Menjalin persatuan dan kesatuan antar sesama jemaat. Itu sangat penting untuk merawat kerukunan dan kedamaian.

“Sungguh enak apabila kita duduk bersama. Semoga tahun depan, kegiatan serupa bisa kita tingkatkan agar lebih meriah lagi. Natal ini perlu dilakukan khususnya untuk menambah semangat anak-anak dan memupuk mental mereka agar lebih bijak dalam segala hal. Anak-anak harus kita bekali iman sejak dini. Itu yang utama,” ucapnya seraya mengucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia sebelum hingga acara puncak digelar.

Amatan wartawan, perayaan Natal Sektor V cukup meriah. Namun, sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dilakukan penyalaan lilin yang dimulai oleh Pdt Dr Jusni H Saragih, Pimpinan Majelis Jemaat, pengurus Sektor, Panitia Natal, mewakili Seksi Bapa, mewakili seksi wanita, mewakili seksi pemuda dan sekolah mingga serta undangan.

Acara semakin meriah dengan kehadiran anak-anak sekolah minggu. Mereka cukup menghibur saat menyampaikan pesan-pesan natal, baik melalui liturgi hingga acara hiburan. (des)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button