Berita

Peraih Adhi Makayasa Asal Paluta Itu Resmi Jadi Perwira

FaseBerita.ID – Presiden Jokowi resmi melantik perwira TNI dan Polri dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2020.

Jokowi juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa terhadap 4 lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri termasuk Letnan Dua Juanda Siregar putra terbaik asal Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 55 TNI tahun 2020, dan Nomor 56 Polri tahun 2020 Tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akmil dan Akpol Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI.

Letnan Dua Juanda Siregar melalui selulernya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah memberi doa serta dukungan kepadanya hingga ia bisa menjadi lulusan terbaik di Taruna AAU Tahun 2020 dan meraih medali Adhi Makayasa. “Yang menjadi motivasi bagi saya adalah kedua orangtua. Tanpa orangtua, saya bukanlah apa-apa,” ujar Juanda Siregar.

Juanda Siregar merupakan anak bungsu dari enam bersaudara pasangan dari H Borkat Siregar dan Hj Erni Harahap.

Diakuinya apa yang diraihnya saat ini tidaklah mudah. Namun impian memang harus diraih dengan tekad yang kuat, kemauan serta kerja keras.

Keberhasilannya tidak lepas dari restu kedua orangtua dan dukungan dari keluarga sehingga Juanda pun memiliki tekad yang kuat dan tidak pantang menyerah untuk mewujudkan impiannya.

Siapa sangka, Juanda Siregar yang kini menyandang pangkat Letnan Dua itu sudah memiliki impian menjadi prajurit militer. Bahkan sejak kecil minat dan bakatnya sudah kelihatan dan karakternya pun berbeda dengan anak seumuran lainnya pada masa itu.

Juanda Siregar kelahiran tahun 1995 itu mengenyam pendidikan dasar di SD Inpres Bargottopong Jae, Kecamatan Halongonan, Paluta.

Setelah lulus, Juanda melanjutkan pendidikan tingkat menengahnya di salah satu SMP yang ada di Kota Medan. Dan untuk tingkat SMA-nya, Juanda bersekolah di SMAN 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber mengatakan Presiden Jokowi memberikan penghargaan Adhi Makayasa terhadap 4 lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri. Berikut nama-namanya;
1. Letnan Dua Angga Andhika Yudha (Akmil)
2. Letnan Dua Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL)
3. Letnan Dua Juanda Siregar (AAU)
4. Inspektur Dua Ivan Pradipta Mahadika (Akpol).

(ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button