Berita

Penutupan MTQ XVIII Tingkat Padangsidimpuan

SIDIMPUAN, FaseBerita,ID – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution secara resmi menutup pelaksanaaan Musabaqah Tilawatil Quran XVIII Pemko Padangsidimpuan Tahun 2019, di Terminal Pal IV Pijorkoling, Minggu (24/3).

MTQ yang berlangsung selama 3 hari, dari Jumat (22/3) hingga Minggu (24/3) telah menghasilkan qori-qoriah yang akan mewakili Kota Padangsidimpuan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan diselenggarakan di Kota Tebing Tinggi dalam waktu dekat.

Dari hasil MTQ, ada 10 orang yang mendapatkan Hadiah Umroh dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan dan Bank Sumut. Sebanyak 8 hadiah Umroh diberikan Pemko Padangsidimpuan kepada peserta MTQ yang berhasil meraih Juara dan 2 orang kepada Dewan Hakim.

“Saya berharap kepada kita semua agar pasca penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran ini kita melakukan follow up terhadap diri kita, terhadap Alquran, setidaknya membaca Alquran setiap hari setidaknya satu ayat. Jadikanlah momen penyelenggaraan MTQ ini menjadi jembatan bagi pribadi kita masing-masing mengubah haluan hidup menjadi insane yang menjunjung tinggi nilai-nilai Alquran dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution.

Irsan juga memberikan motivasi agar meningkatkan pengamalan Alquran sekalipun penyelenggaraan MTQ telah selesai. “Aku tinggalkan kepadamu dua perkara, kamu tidak akan sesat selama kamu berpegang kepada keduanya, yaitu Kita Allah (Alquran) dan Sunnah Nabinya (Hadist),” sebut Irsan saat mengutip Hadist Riwayat Malik.

Orang nomor 1 di Padangsidimpuan ini juga mengungkapkan apresiasi dan penghargaan kepada panitia dan dewan hakim. Kemudian kepada para qori dan qoriah, Hafidz dan Hafidzah, serta Mussafir dan Mussafirah yang menjadi peserta MTQ ke XVIII.

“Kepada yang mendapatkan juara saya ucapkan selamat dan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih. Ingatlah, kemenangan dapat diraih sebab konsistensi dalam upaya mempertahankan kualitas diri terus dijaga. Oleh sebab itu, terus pertahankan dan pacu terus diri agar tidak lelah berlatih dan mengasah bakat, sebab perjuangan belum selesai, di pundak kalian kami titip perjuangan untuk mengharumkan nama Kota Padangsidimpuan di tingkat yang lebih tinggi lagi. Insya Allah doa dan semangat dari kami akan terus mengiringi kalian,” pesannya.

Begitu juga kepada yang belum berhasil meraih Juara, Irsan tetap memberikan motivasi agar terus bersemangat untuk mengasah kemampuannya. “Jangan berkecil hati, karena kegagalan tidak akan selalu berarti kalah. Artinya, diperlukan usaha dan latihan yang lebih lagi untuk dapat menaklukkan panggung kejuaraan. Kami nantikan kalian, Insya Allah di MTQ tahun depan, terus berkarya dan patah arah dalam meningkatkan bakat,” pungkasnya.

“Saya ingin mengimbau, baik kepada para juara dan yang belum beruntung berprestasi di tahun ini, semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya menggeser niat ikhlas untuk mensyiarkan Alquran dan Agama Islam dan membudayakannya dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Pada MTQ kali ini, Kafilah dari Kecamatan Psp Tenggara tetap berhasil mempertahankan Juara Umum. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button