Berita

Pentas Seni SMA-SMK Pelita Pematangsiantar: Ajang Pertunjukan Bakat dan Minat

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pentas seni (Pensi) SMA/SMK Yayasan Pelita Pematangsiantar dengan menampilkan kreativitas siswa dalam berbagai karya seni yang memukau, dinilai sebagai perwujudan penguatan pendidikan karakter siswa.

“Pensi sebagai sebuah ajang pertunjukan bakat bagi para siswa dan siswi, dimana dalam kegiatan tersebut mereka dapat menyalurkan kreativitas serta mendapatkan sebuah panggung pertunjukan yang layak bagi berbagai kegiatan seni yang mereka minati,” tutur Pengurus Yayasan Pelita Pematangsiantardr Arthur Fernandus Simanjuntak saat membuka kegiatan Pentas Seni di Lapangan SMA/SMK Pelita Jalan Melanthon Siregar no 155 Kota Pematangsiantar, Sabtu (26/01/2019).

Dr Arthur mengapresiasi kegiatan pensi yang diselenggarakan kali ini dan mengajak seluruh orang tua dan guru untuk lebih memperhatikan lagi perkembangan anak. Perkembangan Zaman telah mengantarkan para siswa untuk memberikan banyak pilihan cita-cita.

“Dulu orangtua hanya mengharapkan anaknya menjadi dokter, TNI, polisi, insinyur, dll. Sekarang, dengan hadir teknologi sudah ada orang yang bercita-cita menjadi youtuber, pelukis, fotografer profesional atau bahkan menjadi pengusaha milenial seperti Menteri Pendidikan yang berlatarbelakang inovator atau pendiri aplikasi gojek. Artinya giat belajar dan terus berkreasi,” ajaknya.

Kepala SMA Pelita N Sembiring SPd didampingi Kepala SMK Pelita R Sitanggang SPd mengatakan, Pentas Seni merupakan agenda tahunan yang digelar sebagai sebuah wadah untuk menampung kreativitas murid-murid. Pada kegiatan Pensi kali ini selain menampilkan drama, juga menampilkan vocal grup, tari, Pameran Seni Lukis dan Bazar.

“Pentas seni adalah ajang untuk menyalurkan bakat dan berekspresi. Selain itu, sekolah memberikan ruang dan wadah bagi setiap murid agar mereka dapat menyalurkan ide-ide mereka. Kegiatan Pensi setiap tahun selalu diselenggarakan dengan tema dan kemasan yang berbeda,” paparnya.

N Sembiring menambahkan, acara pentas seni ini sangat positif untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik para siswa-siswi di sekolah. Mereka secara langsung bisa menunjukkan bakat seni yang dimiliki, selain itu juga untuk memotivasi siswa lain agar dapat meningkatkan bakatnya masing-masing.

“Pihak sekolah tentunya berharap bakat akademik maupun non akadmeik yang dimiliki para siswa tidak hanya ditonjolkan di sekolah saja. Akan tetapi, lanjutnya, bisa ditingkatkan lagi untuk menjadi prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi dan juga nasional.Jadi, bakat akademik maupun non akademik dari para siswa kami harapkan bisa disalurkan melalui even-even di luar sekolah,” harapnya.

Beberapa kegiatan yang digelar diantaranya, lomba melukis, lomba tarian tradisional, lomba tarian kreasi baru, seni drama musikal, vokal solo/duet dan acara hiburan. Dalam pentas seni ini juga digelar Bazar makanan dan pameran hasil kerajinan tangan siswa/i SMA/SMK Pelita Pematangsiantar.

Hadir pada kesempatan tersebut, Pengurus Yayasan Perguruan Pelita dr Arthur Fernandus Simanjuntak bersama istri, Pelaksana Yayasan Perguruan Pelita Drs H Panjaitan MSi, Kepala SMA Pelita N Sembiring SPd, Kepala SMK Pelita Rita Rouli Sitanggang SPd, PKS Kesiswaan SMA E Saragi SPd, PKS Kesiswaan SMK SJ Perangin-angin SPd dan para guru serta seluruh siswa SMA/SMK Pelita Pematangsiantar. (rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button