Berita

Pengurus Purba Pakpak, Boru dan Panogolan Siantar Ziarah ke Makam Raja Purba

Pelantikan Pengurus 28 Februari di Auditorium USI

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID–  Menjelang pelantikan Pengurus Purba Pak Pak Boru Dan Panogolan (P3BP) Pematangsiantar yang akan digelar Sabtu, 29 Februari 2020, pengurus yang akan dilantik melakukan ziarah ke makam Raja Purba di kompleks Rumah Bolon, Pamatang Purba, Senin (24/2) sekira Pukul 10.00 Wib.

Ziarah dipimpin Penasehat P3BP Kol Inf Waston Purba SIP, Drs Johalim Purba, Ketua St Baren Alijoyo Purba SH dan Sekretaris Daud Raja Purba bersama puluhan pengurus lainnya.

Rangkaian acara ziarah diawali ke makam Raja Pertama, Tuan Happul Purba Pak Pak Parultop Ultop, selanjutnya ziarah dilanjutkan ke makam Raja Purba lainnya.

Setelah ziarah, seluruh rombongan dengan berjalan kaki  menuju Pancur Pemandian Raja Purba yang berlokasi sekitar 2 km dari rumah bolon.

Rombongan peziarah ada yang mandi dan hanya marsuap (cuci muka) di Pancur Pemandian Raja Purba,  yang pada zaman kerajaan Purba, tidak sembarang orang bisa masuk ke lokasi tersebut.

Ketua P3BP Siantar sekitarnya St Baren Purba SH mengatakan, kegiatan ziarah adalah rangkaian acara pelantikan/patappei sihilap dan Pesta Bona Taun P3BP sebagai bagian dari kearifan lokal mengingat dan menghargai Raja Purba.

 “Kita berharap kepada Tuhan kiranya seluruh keturunan Raja Purba diberkati Tuhan, seperti dulu Raja Purba yang diberkati Tuhan sehingga bisa menjadi Raja yang disegani,” katanya.

 Dengan terbentuknya P3BP Siantar sekitarnya diharapkan silaturahmi dan persaudaraan Purba Pak Pak, Boru dan Panogolan semakin erat dan bisa untuk saling mendukung dalam berbagai hal.

“Kita berharap pelantikanberjalan sukses, dan seluruh keluarga besar P3BP diundang hadir,” kata Anggota DPRD Kota Siantar ini.(rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button