Berita

Pengurus PDIP Sibolga datangi Polres Dukung Tuntaskan Kasus Pembakaran Bendera

FaseBerita.ID – Sejumlah pengurus DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Sibolga mendatangi Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Sibolga, Selasa (30/6). Kedatangan pengurus DPC PDIP Sibolga itu langsung dipimpin oleh Edipolo Sitanggang, selaku ketua bersama sekretarisnya Frenki Talupan Sihombing.

Kedatangan Edipolo yang juga Wakil Wali Kota Sibolga bersama fungsionaris partai itu ke Mapolres Sibolga bukan untuk apa. Mereka cuma ingin menyerahkan pernyataan sikap, terkait aksi pembakaran bendera PDIP saat berlangsungnya aksi tolak RUU HIP yang digelar sejumlah ormas Islam di depan Gedung MPR/DPR pada 24 Juni 2020.

Edipolo menegaskan, PDIP Sibolga sangat keberatan dengan aksi pembakaran bendera PDIP yang dilakukan pada 24 Juni 2020 lalu di Jakarta. Sehingga PDIP Sibolga dan juga DPC PDIP lainnya di Indonesia serentak datang ke Polres untuk menyampaikan pernyataan sikap PDIP terhadap aksi pembakaran bendera PDIP tersebut.

“Kami tidak terima hal itu. Maka itu kami (DPC PDIP Sibolga) datang ke Mapolres Sibolga ini untuk menyampaikan pernyataan sikap, untuk mendukung pihak kepolisian mengusut tuntas aksi anarkitis pembakaran bendera PDIP di Jakarta, pada 24 Juni lalu,” ujarnya.

Sekretaris DPC PDIP Sibolga Frenki Talupan Sihombing dalam pernyataan sikap DPC PDIP Sibolga, memohon agar kepolisian mengusut tuntas pelaku pembakaran, dan aktor intelektual pembakaran bendera PDIP yang disamakan dengan bendera Partai Komunis Indonesia (PKI), pada saat aksi PA 212 di Gedung DPR/MPR, Rabu 24 Juni 2020. Hal itu diduga melanggar pasal 160,170, 156 KUHP, terkait tindak pidana kekerasan kerusakan berupa bendera PDIP untuk pernyataan penelusuran pihak kepolisian.

Kemudian juga memohon kepolisian agar mengusut tuntas mereka (pelaku) yang memproduksi, menyuruh produksi dan mengibarkan bendera partai terlarang PKI, pada aksi 24 Juni 2020. Sebagaimana Undang-undang (UU) 27/1999, pasal 107 C dan D, tentang perubahan KUHP yang berkaitan dengan kejahatan keamanan negara.

“Kami mendesak kepolisian untuk menindak orang-orang yang sudah merusak, membakar bendera PDIP,” tegas dia.

Kapolres Sibolga AKBP Triyadi didampingi Kabag Ops Kompol R Sihombing, Kasubbag Humas Iptu R Sormin dan lainnya, mengucapkan terima kasih atas kedatangan pengurus PDIP Kota Sibolga ke Mapolres Sibolga dalam rangka menyampaikan pernyataan sikap. Dia memastikan pihaknya akan meneruskannya surat pernyataan sikap DPC PDIP Sibolga melalui satuan Intelkam Polres Sibolga karena mengingat lokasi kejadian berada di Jakarta.

“Saya di sini hanya bisa sebatas mengimbau dan mengajak rekan-rekan pengurus PDIP Sibolga untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan di Kota Sibolga,” jelas kapolres. (mis)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button