Berita

Pengurus MUI Masa Khidmat 2018-2023 Dikukuhkan

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Wakil Ketua MUI Provinsi Sumatera Utara Ustad H Maratua Simanjuntak mengukuhkan jajaran Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padangsidimpuan masa bakti 2018-2023, di Masjid Agung Al Abror Padangsidimpuan, Kamis (25/4).

Pengukuhan Pengurus MUI Kota Padangsidimpuan Masa Bhakti 2018-2023 sekaligus pelaksanaan kegiatan Tabligh Akbar Penyambutan Bulan Suci Ramadan 1430 H.

“Kita telah melakukan Musda pada tanggal 17 Januari lalu di Kantor MUI. Dengan hasil musyawarah, saya diamanahkan kembali untuk menjadi Ketua MUI untuk masa khidmat 2019-2024 dan Wakil Ketua Umum H Zul Anwar Ajim. Saya sadar bukan yang terbaik di antara yang lain,” kata Ketua Umum DP MUI H Zulfan Efendi Hasibuan, saat mengawali sambutannya.

Ustad Zulfan, sapaan akrabnya, menyampaikan, MUI setiap 5 tahun sekali melakukan musyawarah daerah untuk pemilihan pengurus dan menetapkan program kerja selama 5 tahun ke depan.

“Tanggungjawab ini bukan tanggungjawab yang ringan. Apalagi melihat kondisi sekarang, betapa kompleknya permasalahan umat. Semua ini kita sadari. Oleh karena itu, kami memohon doa dan bantuan agar amanah yang sangat berat ini dapat kami pikul, dapat kami laksanakan, sehingga harapan dari umat kepada MUI Insya Allah dapat kami laksanakan sedaya mampu kami,” tuturnya.

Air mata Ustad Zulfan sempat berjatuhan saat membayangkan tanggungjawab 5 tahun ke depan untuk membimbing umat ke jalan yang benar sesuai syariat Agama. “MUI ini tidak ada apa-apanya kalau tidak didukung masyarakat. Kami memohon doa dan pemikiran dari seluruh elemen masyarakat. MUI tidak punya badan usaha, tidak punya sumber dana, MUI ini milik umat dan pemerintah,” terangnya.

Ketua Umum DP MUI juga menyampaikan terimakasih kepada kita semua yang berkenan hadir dalam acara tersebut. Serta ungkapan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah.

“Di MUI banyak bidang-bidang, ada Fatwa, Hukum, Pendidikan, Dakwah, Ekonomi Umat dan program lainnya. Oleh karena itu, ke depan selain dukungan materi dan moral kami sangat berharap dari dukungan seluruh masyarakat.

MUI pewaris para Nabi, pengayom umat, memberikan pencerahan kepada umat, perekat umat. ungguh besar tanggungjawab itu. Mari kita bergandeng tangan dengan pemerintah dan ormas. Insya Allah masyarakat kita ini menjadi yang beriman,” harapnya.

Hadir saat itu Walikota diwakili Wakil Walikota H Arwin Siregar, Wakil Ketua MUI Provinsi Sumut H Maratua Simanjuntak, Ketua MUI Padangsidimpuan H Zulfan Efendi Hasibuan, Kakan Kemenag Padangsidimpuan, Perbankan Syariah (BSM), Sekretaris H Muhammad Irsyad Hasibuan, Jajaran DP MUI Padangsidimpuan, Pengurus MUI Kecamatan, Kakan Kesbangpol Psp Alfian Pane, Organisasi Islam (NU, Muhammadiyah, Al Wasliyah) dan Ibu-ibu Pengajian.

Kegiatan itu dipandu langsung oleh H Samsuddin Pulungan yang dimulai dari pembacaan Ayat Suci Alquran dibawakan oleh Qori Terbaik III Tingkat Nasional tahun 2018 Sri Ramadhani Lubis. Laporan Panitia disampaikan Wakil Ketua Umum DP MUI H Zul Anwar Ajim Harahap.

“Saya atas nama Pemda dan masyarakat mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan. Semoga dapat mengemban amanah dan tugas yang dipercayakan dengan baik. Ini merupakan momen yang paling tepat untuk menata umat ke arah yang lebih baik dengan jalan penguatan iman untuk dapat membentengi diri dalam meningkatkan akhlak umat,” sebut Walikota yang disampaikan Wakil Walikota Arwin Siregar.

Usai pembacaan SK yang dibacakan oleh Sekretaris H Muhammad Irsyad Hasibuan, pengukuhan pengurus DP MUI masa khidmat 2018-2023 dikukuhkan oleh Wakil Ketua MUI Provinsi Sumut H Maratua Simanjuntak. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button