Berita

Pengurus Daerah IPHI Siantar Dilantik: Tebar Manfaat untuk Masyarakat

SIANTAR, FaseBerita.ID – Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah resmi melantik Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Pematangsiantar, Sabtu (1/2) lalu. Acara pelantikan berlangsung di Balai Rahmat Shah, Siantar Barat.

Ketua Pengurus Daerah IPHI Kota Siantar HM Natsir Armaya Siregar usai dilantik mengatakan bahwa ia akan bekerja keras bersama pengurus lain, untuk menjadikan IPHI Pematangsiantar bermanfaat khususnya untuk umat dan masyarakat Pematangsiantar. “Seluruh pengurus diharapkan bisa melaksanakan amanah-amanah yang disampaikan,” katanya.

Ia berharap kehadiran IPHI di Kota Pematangsiantar bisa menebar manfaat dan kebaikan kepada umat dan masyarakat Kota Siantar, terlebih dalam menggiatkan ekonomi umat. “Apalagi sebelumnya IPHI telah memiliki koperasi, meski belum pernah berjalan. Nah, kedepan, kita harapkan pengurus IPHI ini bisa menggerakkannya lagi,” ujarnya seraya mengatakan bahwa anggota IPHI di Kota Siantar berjumlah lebih dari seribu orang.

Sementara Wagub sekaligus Ketua IPHI Sumut Musa Rajekshah mengatakan bahwa melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam. Setiap muslim yang memiliki kemampuan secara fisik dan finansial wajib menunaikannya. Bagi yang sudah berhaji, merawat kemabruran usai pulang dari Mekah perlu diperhatikan. Salah satu caranya adalah dengan aktif menebar amal dan manfaat. “Sebagaimana yang kita ketahui bersama, salah satu tujuan didirikannya IPHI adalah untuk merawat kemambruran, khususnya usai berhaji dan menyandang gelar haji. Sehingga bukan sekadar telah menunaikan rukun Islam, tapi juga bagaimana ibadah tersebut menjadikan kita pribadi yang lebih baik dan dekat dengan Allah,” ujarnya.

Untuk itu, Wagub meminta agar pengurus IPHI Pematangsiantar yang baru dilantik untuk aktif menggelar aktivitas atau program yang memperkaya amalan dan meningkatkan manfaat bagi umat Islam, masyarakat keseluruhan dan Kota Pematangsiantar. “Artinya keberadaan dan kehadiran IPHI harus memberi manfaat,” ucap Musa Rajekshah.

Usai melakukan pelantikan yang ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan dan penyerahan pataka, Musa Rajekshah mengucapkan selamat kepada pengurus dan nasehat agar semangat dan amanah dalam menjabat.

Adapun pengurus utama IPHI Pematangsiantar yang dilantik yakni Armaya Siregar sebagai Ketua, Drs H Asrul Sani sebagai Sekretaris dan Hj Nani Nadsir SPd sebagai Bendahara.

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah yang juga turut menghadiri Pelantikan Pengurus Daerah IPHI itu menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wagub Musa Rajekshah dan ucapan selamat kepada pengurus yang dilantik. Sepakat dengan Wagub, Hefriansyah mengatakan bahwa telah melaksanakan ibadah haji adalah sesuatu yang harus disyukuri.

“Tidak semua orang memperoleh keistimewaan menjadi tamu Allah. Walaupun punya banyak duit, ada yang tidak dapat hidayah. Untuk itu bagi yang sudah berhaji agar bersyukur dengan merawat kemabruran haji yang salah satunya melalui organisasi IPHI ini,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara yakni unsur Forkopimda Kota Pematangsiantar, OPD Kota Pematangsiantar dan OPD Pemprov Sumut, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Dian Inggra Santi Lubis, Ketua MUI Kota Pematangsiantar Muhammad Ali Lubis, tokoh agama dan masyarakat serta seluruh jajaran pengurus IPHI Pematangsiantar dan IPHI Sumut.

Sebelumnya acara pelantikan dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Rudi Hartono diikuti pembacaan doa oleh Ketua MUI Pematangsiantar Drs HM Ali Lubis dan upcara nasional menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars/hymne IPHI.

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan H Hasan Basri Siregar pada kesempatan itu berharap pelantikan itu membawa dua gerakan dalam persaudaraan haji, yakni ilmu pengetahuan dan perdagangan. “Jika ilmu dan perdagangan ini bisa kita rebut, kita bisa Berjaya,” ujarnya semangat.

Acara ditutup dengan penyerahan tali asih dan bantuan dari PW IPHI Sumut kepada pengurus PD IPHI Kota Siantar dan ucapan selamat kepada pengurus yang dilantik, serta foto bersama.(rel/hez)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button