Berita

Pengkaderan, Jantung Organisasi

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padangsidimpuan dalam enam hari terakhir ini, dari Rabu (6/3) hingga Selasa (12/3) kemarin, melaksanakan basic training atau pengkaderan dasar. Sebanyak 45 mahasiswa sebagai kader baru, harus memiliki daya analisa terhadap isu-isu penting pembangunan bangsa.

Perkaderan ini berlangsung secara maraton, terhitung selama enam hari dan tujuh malam. Tempatnya di aula Gedung Bina Insani Sekretariat HMI Cabang Padngsidimpuan di Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Dalam penutupannya, disaksikan ratusan kader HMI yang telah lebih dahulu bergabung. Berasal dari berbagai Komisariat di HMI Cabang Padangsidimpuan dan dihadiri Pengurus Besar HMI Periode 2018-2020 , Andi Satria Harahap, Ranto Bangun Harahap dan Roni Marwan yang juga berasal dari cabang Padangsidimpuan.

“Perkaderan adalah jantung dari organisasi HMI, ketika perkaderan berhenti maka itu tandanya organisasi HMI akan mati. Namun sampai saat ini setiap HMI Cabang masih aktif dalam kegiatan kegiatan perkaderan baik itu kegiatan perkaderan formal non formal dan informal, ini jadi salah satu bukti bahwa HMI akan terus melahirkan regenerasi kepemimpinan untuk ummat dan bangsa,” kata Ketua PC HMI Psp, Asmar Apandi.

Regenerasi Ini juga dapat dilihat, terang Apandi, dari kegiatan perkaderan dengan peserta yang berjumlah 45 orang. Dan dalam kegiatan LK 1 yang dilaksanakan HMI Komisariat Lafran Pane dibawah cabangnya. Di sini, mereka yang berjumlah 45 mahasiswa itu dilatih di dalam forum agar bisa bersikap analiasis, dan sebagai pemimpin yang hebat kedepannya.

Sedangkan Master of Training dalam perkaderan ini, Arifin Hidayat berpesan, agar seluruh kader baru ini untuk selalu ikhlas dalam berjuang serta tidak mengenal kata lelah untuk berproses lebih maju di Himpunan Mahasiswa Islam.

Ketua HMI Komisariat Lafran Pane, Borkat Halomoan Siregar yang menjadi penyelenggara perkaderan ini menekankan kepada peserta dan seluruh kader untuk tetap menjaga diri dan prosesnya sesuai dengan tujuan LK I HMI.

“Sampai saat ini yang terdaftar di database HMI Cabang Padangsidimpuan mencapai 5.000 lebih Kader, di training hari ini dengan bertambahnya 45 orang kader baru di HMI Cabang padangsidimpuan diharapkan mampu memberikan energi positif bagi pemuda dan mahasiswa islam di wilayah Tabagsel khususnya,” ujar Aprizal Harahap, yang membidangi Pembinaan Anggota, menimpali. (san)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button