Berita

Pengawas TPS Lumban Julu Dilantik

TOBASA, FaseBerita.ID – Sebanyak 32 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Lumban Julu dilantik serta diberikan bimbingan teknis oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lumban Julu, di Aula HKBP Lumban Julu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Senin (25/3).

Ketua Panwascam Parmaksian, Asmon Pardede, mengatakan, ke 32  PTPS yang dilantik, akan menempati 32 TPS masing-masing satu orang per TPS yang tersebar di 12 desa yang ada di Kecamatan Lumban Julu. Mereka akan bertugas mengawasi saat pelaksanaan pemungutan suara hingga penyerahan kotak suara ke sekretariat PPS pada 17 April 2019 mendatang.

“Para PTPS ini selesai kita lantik dan pengambilan sumpah/janji, selanjutnya kita berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) supaya mereka dapat mengerti apa itu tugas, wewenang dan kewajibannya dalam menjalankan tugas seperti yang tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu pasal 114,115 dan 116. PTPS harus paham, supaya terciptanya Pemilu yang aman dan tertib,” terangnya.

Ia berharap, bagi seluruh PTPS yang akan bertugas, agar dapat menjalankan tugas dengan baik demi suksesnya pelaksanaan pemilu. Karena PTPS merupakan ujung tombak pengawasan di tingkat TPS.

Dalam Bimtek tersebut, penyampaian materi juga dilakukan oleh Komisioner Panwascam Lumban Julu, Olo Sirait Kordiv PP dan Warleston Sinurat Kordiv PHL.

Komisioner Bawaslu Tobasa Kordiv HPPS, Tomson Manurung juga berharap kepada para PTPS yang sudah dilantik serta sudah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) supaya dapat memahami materi yang sudah dipaparkan oleh Komisioner Panwascam.

“Semoga para PTPS bisa paham dengan apa yang harus dilaksanakan dalam hal pengawasan di TPS nantinya agar Pemilu 17 April 2019 nanti, dapat berjalan dengan sukses,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Rohaniawan Kristen, Rohaniawan Muslim dan Rohaniawan Parmalim. (os/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button