Berita

Penerima Bansos di Kabupaten Simalungun Didata Ulang

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID- Di Simalungun, tahun 2020, penerima bantuan sosial (Bansos) dari Program keluarga Harapan (PKH) akan didata ulang.

Hal tersebut diutarakan Kadis Sosial Kabupaten Simalungun, Mudahalam Purba saat dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (5/2/2020).

“Penerima Bansos ini masih kita lakukan pendataan ulang di kantor kami, karena harus sesuai indikator dan banyak kriterianya, seperti disabilitas, ibu hamil dan anak usia dini,” ujarnya.

Mudahalam mengatakan usulan dari desa-desa untuk keluarga penerima bansos telah ia terima sejak tahun 2019 lalu, namun petugas pendamping masih melakukan survei ke lapangan.

“Didata terlebih dahulu termasuk seluruh keluarga miskin, soal nilainya aku kurang tahu, karena surat dari Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial belum turun ke Simalungun,” ujarnya.

Khusus petugas pendamping ada delapan orang yang ditugaskan dan sesuai data usulan yang Ia terima ada sebanyak 701 orang disabilitas di Simalungun.

“Syaratnya, penerima bantuan harus mengisi formulir sesuai kriteria yang ada, khusus penyandang cacat (disabilitas) sesuai data usulan yang kita terima ada 701 orang, itu dulu informasi yang bisa saya sampaikan, karena masih didata ulang,” pungkasnya.

Sesuai Surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor :02/3/BS.02.01/ 01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bansos PKH 2020 yakni anak usia dini dan ibu hamil akan mendapat bantuan sebesar Rp 3 juta.

Kenaikan indeks khusus pada kategori ibu hamil dan anak usia dini yang semula masing-masing menerima bantuan Rp 2,4 juta per tahun menjadi Rp 3 juta.

Adapun indeks bantuan untuk komponen yang lain masih tetap. Komponen pendidikan anak SD/sederajat Rp 900 ribu per tahun, komponen pendidikan anak SMP/sederajat Rp1,5 juta per tahun.

Kemudian, komponen pendidikan anak SMA/sederajat Rp 2 juta per tahun, komponen penyandang disabilitas berat Rp 2,4 juta per tahun, dan komponen lanjut usia (lansia) 70 tahun ke atas senilai Rp 2,4 juta per tahun.

Indeks bantuan hanya diberikan kepada ibu dengan maksimal 2 kehamilan, anak usia dini maksimal 2 orang, lansia maksimal 1 orang dan penyandang disabilitas berat maksimal 1 orang. (Mag-05/fi)

Unefa

Pascasarjana


Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close