Berita

Penerbitan TPKRT Disoal: KPH Wilayah III Kisaran Dilaporkan

ASAHAN, FaseBerita.ID – Lembaga Ekosistem Asahan melaporkan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah III Kisaran atas penerbitan surat Tempat Pengumpulan Kayu Rakyat Terdaftar (TPKRT).

Lembaga Ekosistem Asahan Fadli Manurung SH mengatakan, penerbitan TPKRT diduga rawan disalahgunakan sehingga menimbulkan kegiatan pembalakan liar (ilegal logging). “Terkait itu kita minta Polri terus tingkatkan kewaspadaan tentang maraknya peneriman kayu ilegal untuk pembuatan industri Kapal di Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan,” ungkap Fadli, Jumat (18/10/2019).

Ditambahkan Fadli, adanya arus kedatangan sejumlah truk dari Provinsi Riau menuju Asahan secara terus menerus pada malam hari. Hal ini dinilai untuk menghindari pantauan publik dengan memuat kayu berkeles sepeti Kayu Haloban dan Kayu Tomuan untuk  di oleh menjadi bahan industri seperti perusahaan pembuatan Kapal Nelayan di Desa Sirindan Asahan.

Fadli juga mengatakan, penerbitan TPKRT berdasarkan perturan Mentri Kehutanan Nomor P48.MENLHK/SETJEN/KUM/18/2017 diduga telah disalah gunakan oleh oknum KPH Kisaran. “Berdasarkan data yang kita kumpulkan, KPH Kisaran diduga ada ‘main mata’ dengan pengusaha nakal untuk memuluskan usaha yang illegal. “Kita telah laporkan hal ini ke Dirjen Gakum Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan  Polri. Kita berharap kasus ini segera diusut agar Hutan Indonesia dapat diselamatkan,” tegas Fadli.

Lebih lanjut, Fadli juga menuturkan pihaknya telah diperiksa Dirjen Gagum Lingkungan Hidup dan kehutanan di sejumlah tempat.

Kepala KPH III Kisaran  Wahyudi ST saat dikonfirmasi mengatakan, KPH bukan diperiksa pihak Dirjen Gakumdu Lingkungan Hidup melainkan menijau lokasi laporan LSM Ekosistem di tempat pengumpulan TPKRT yang ada di Asahan.

Senada juga dikatakan TR Nainggolan selaku Kepala Polisi Hutan KPH III. “Penerbitan TPKRT yang dilakukan KPH III sudah sesuai prosedur, tidak ada masaalah. Jika ada aduan tentang menyalahi prosedur harus dibuktikan dengan jelas,” tandas TR. (ck1)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close