Berita

Pendukung Balon Perseorangan Harus Terdaftar di DPT

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sibolga menyosialisasikan syarat pencalonan wali kota dan wakil wali kota di Pilkada serentak tahun 2020 kepada tokoh masyarakat dan tokoh politik, Selasa (11/2).

Ketua KPU Sibolga Khalid Walid mengatakan, penting untuk diketahui masyarakat tentang tata cara pencalonan pasangan calon (paslon) Kepala daerah melalui jalur perseorangan maupun jalur partai politik.

“Kepada masyarakat, tokoh masyarakat atau pelaku-pelaku politik atau pelaku kegiatan yang ingin mencalonkan diri sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, agar tahu syarat pencalonan itu dan syarat-syarat pencalonan bagi paslon jalur perseorangan, yakni memiliki dukungan masyarakat sebanyak 10 persen dari jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Kota Sibolga,” kata Khalid.

Lanjut dia, masyarakat yang memberikan dukungan harus terdaftar di DPT, serta mempunyai KTP elektronik atau setidaknya mendapat surat keterangan telah melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Kendaraan atau tiket masuk pendaftaran jalur perseorangan, mendapat dukungan dari 6.470 pemilih yang terdaftar di DPT,” jelasnya.

Sementara itu kata khalid walid, pasangan calon kepala daerah yang memilih jalur partai politik diharuskan memperoleh dukungan sebanyak 20 persen dari jumlah kursi di DPRD.

“Di DPRD Kota Sibolga ada sebanyak 20 kursi, kalau 20 persennya, berarti 4 kursi,” sebutnya.

Bukan saja dari satu partai, jelasnya, namun dukungan bisa berasal dari gabungan beberapa partai politik pemilik kursi di DPRD, untuk memenuhi jumlah persyaratan. “Misalnya ada partai politik A yang punya kursi dua, kemudian partai B punya dua, bisa mencalonkan satu pasangan calon,” terangnya.

Kemudian, Khalid juga menyampaikan jadwal tahapan penetapan hingga pengambilan nomor urut masing-masing paslon kepala daerah di Pilkada Sibolga. “Jadi nanti ditetapkan tanggal 8 Juli 2020, sebagai pasangan calon. Kemudian pengambilan nomor urut, tanggal 9 Juli 2020,” imbuhnya. (mis)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close