Berita

Pencurian Mobil di Serbelawan Terungkap: 1 Pelaku Dan Penadah DPO

FaseBerita.ID – Unit Jatanras Satuan Reserse Kriminal Polres Simalungun berhasil mengamankan Sutarjo alias PJ (58) warga Huta Bahjoga Utara, Nagori Bahjoga, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, yang diduga telah melakukan pencurian 1 unit mobil Mitsubishi L-300 Pick-Up BK 8098 TO, yang terjadi di Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, pada Minggu (23/2) sekira pukul 06.00 WIB.

Sedangkan Arun alias Napit (48) warga Dusun VIII Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Lido, Kabupaten Asahan, yang diduga sebagai penadah kini ditetapkan sebagai DPO Unit Jatanras Satreskrim Polres Simalungun karena berperan sebagai penadah.

Bahkan ternyata pelaku Sutarjo alias PJ bukan hanya melakukan pencurian mobil di Serbalawan, dari hasil pemeriksaan sementara ini, pelaku selain mengakui perbuatannya juga sebelumnya telah melakukan pencurian 1 unit sepedamotor Yamaha Zupiter MX warna Hijau Nopol BM 4274 ZI di Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan dan telah dilaporkan oleh korbannya di Mapolsekta Tanah Jawa, sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP/11/2020/Simal/Sek-Tanah Jawa. Kini, kedua barang bukti sudah berada di Mapolres Simalungun.

Informasi yang dihimpun, pengungkapan kasus pencurian itu korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke Mapolsek Serbalawan sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP/27/II/2020/Simal/Sek-Lawan, tertanggal 23 Februari 2020.

Berdasarkan pengaduan korban, akhirnya Unit Jatanras Satreskrim Polres Simalungun pun melakukan rangkaian penyelidikan dilapangan hingga mendapatkan titik terang tentang pelaku dan barang buktinya.

Tidak mau menunggu lama lagi, personel yang dipimpin langsung Kanit Jatanras Iptu Yuken Saragih langsung bergerak mencari keberadaan pelaku dan berhasil menangkapnya, pada Selasa (25/20) sekira pukul 23.00 WIB, dari dalam rumahnya.

Saat diinterogasi Polisi, pelaku mengakui berbuatanya melakukan pencurian mobil Mitsubishi L-300 Pik Up BK 8098 TO dan 1 ekor Sapi induk di atasnya, dan menerangkan bahwa mobilnya sudah dijual kepada Arun alias Napit.

Selanjutnya Polisi pun melakukan pengembangan untuk pencarian keberadaan Arun alias Napit dan mobilnya, dengan mendatangi rumah Arun alias Napit, namun Arun alias Napit tidak berada dirumahnya, dan hanya di temukan 1 unit Mobil Mitsubishi L-300 Pik-Up BK 1458 JS di belakang rumahnya. Merasa curiga, polisi melakukan pengecekan plat mobil tersebut dan ternyata palsu, dan ternyata saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ternyata  mobil itulah yang hilang dicuri di Serbelawan.

Tidak berhenti sampai di situ, polisi kembali melakukan interogasi terhadap pelaku Sutarjo alias PJ, dan pelaku pun mengakui perbuatannya yang lain yaitu telah melakukan pencurian 1 unit sepedamotor Yamaha Zupiter MX warna Hijau Nopol BM 4274 ZI di Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan dan dititipkannya di Karang Sari.

Setelah mendapatkan informasi terbaru itu, Polisi kembali melakukan pengembangan dengan mencari keberadaan barang bukti itu dengan mendatangi TKP yang telah disebutkan pelaku, serta membawanya ke Mapolres Simalungun guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP M Agustiawan saat dikonfrimasi mengatakan, saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Simalungun. Dan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut. (adi/esa)

Melawan Virus Corona   Pascasarjana USI  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close