Berita

Pencuri HP Diserahkan ke Polisi

FaseBerita.ID – Hisar Lumban Gaol (43) warga Jalan Mawar, Kelurahan Sibolga Ilir, Sibolga Utara menyerahkan seorang pria berinisial FM (18) ke polisi karena kedapatan mencuri HP di rumahnya. Selanjutnya polisi melakukan pengembangan dan menangkap pelaku lainnya berinisial AZ (21).

Kepada Wartawan, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi menjelaskan melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin saat menyerahkan FM, Hisar menjelaskan, tiga unit HP di rumahnya hilang, Kamis (29/1) sekira pukul 05.00 WIB. Beberapa hari kemudian, tepatnya Minggu (2/2) diketahui kalau HP tersebut pernah ditawarkan kepada seseorang.

Berdasarkan pengakuan calon pembeli tersebut, FM kemudian diamankan dan diserahkan ke polisi. “HP yang hilang adalah milik anaknya Hisar. Milik Chandra Manalu, HP merek realme C2 warna hitam yang lagi di-charger. Kemudian, HP milik Edison Manalu, merek Hotwav. HP merek Realme C2 warna biru milik Lopian Lumban Gaol. Kemudian, ada seseorang saksi yang memberitahukan kalau dia pernah ditawari HP realme C2 oleh FM. Lalu, Hisar mendatangi rumah FM. Pria warga Jalan Mawar Gang Reformasi ini mengakui kalau HP itu sudah dia jual kepada seseorang seharga Rp500 ribu. Hisar pun membawa FM ke kantor polisi,” kata Sormin menjelaskan laporan Hisar ke Polisi, Senin (10/2).

Setelah menerima laporan, Kasat Reskrim AKP D Harahap SH memerintahkan unit Opsnal untuk melakukan lidik dan pendalaman serta olah TKP. Dari hasil pemeriksaan terhadap FM, diketahui kalau FM tidak sendiri dalam aksi pencurian tersebut, masih ada tiga pelaku lain. Namun, polisi berhasil menangkap satu di antaranya, yakni AZ warga Jalan Mawar Gang Nias.

“Masih ada dua pelaku lagi yang belum ditangkap. Namun, identitasnya sudah kita kantongi,” ungkapnya.

Dari keterangan kedua pelaku, diketahui kalau pencurian dilakukan dengan cara menyelam ke laut, masuk dari pintu belakang rumah Hisar. Keempat pelaku kemudian membagi tugas, FM dan AZ bertugas memantau situasi di luar.

Sedangkan yang masuk ke dalam adalah pelaku yang masih buron. “Kebetulan, rumah Hisar ini di atas laut. Jadi, para pelaku menyelam untuk bisa masuk dari pintu belakang. Dua pelaku memantau di air, dua lagi masuk ke dalam dan mengambil tiga HP. Kemudian FM dan As bertugas menjual HP tersebut,” terang Sormin.

Ketiga HP, menurut pengakuan kedua pelaku, telah berhasil dijual sebesar Rp1.100.000. FM menerima bagian sebesar Rp200 ribu dan AZ Rp300 ribu. “Uangnya telah habis mereka gunakan untuk biaya hidup sehari-hari,” pungkasnya.

Kedua pria yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut kini ditahan di RTP Polres Sibolga. Mereka dikenakan pasal 363 ayat 2 Subsider pasal 362 Jounto pasal 55 dan 56 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button