Berita

Pencarian Korban Hanyut di Aek Sibundong Tapteng Dihentikan

FaseBerita.ID – Operasi SAR di sungai Aek Sibundong Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) untuk mencari Aulia Lestari Saruksuk (8) yang diduga hanyut terseret arus sungai, Selasa (7/4), dihentikan, menyusul operasi pencarian yang telah berlangsung 7 hari, namun korban tak juga ditemukan.

Koordinator lapangan Basarnas Sibolga Rio Faisal Simorangkir melalui Dantim Basarnas R Bangun mengatakan, penarikan anggota Basarnas Sibolga dalam proses pencarian korban hanyut di Sungai Aek Sibundong dilakukan pada hari ke tujuh. Operasi SAR yang dilakukan selama tujuh hari tersebut tidak membuahkan hasil.

“Proses pencarian sudah kita lakukan dengan maksimal. Segala upaya telah kita lakukan. Hingga hari ini belum ada tanda-tanda adanya jasad korban,” ujar Bangun, Senin (13/4).

Diterangkannya, sesuai SOP atau peraturan yang ditetapkan oleh Kepala Kantor Sar (Kakansar), setiap pencarian korban hanya dilakukan selama tujuh hari. Ini mengartikan, operasi pencarian korban dihentikan setelah sebelumnya petugas berkoordinasi dengan pihak keluarga.

“Operasi SAR memiliki SOP. Dalam proses pencarian korban diberikan waktu selama 7 hari. Dalam waktu tersebut belum juga ditemukan, maka operasi harus ditutup dan akan dilanjutkan dengan sistem pemantauan,” imbuhnya.

Terpisah, orang tua korban Darus Saruksuk, merasa sangat sedih dengan tidak ditemukannya jasad Aulia Lestari. Namun walaupun demikian, ia mengaku sudah mengikhlaskannya. Darus juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Basarnas TNI, Polri, BPBD, Pemerintah Kecamatan dan seluruh masyarakat yang telah bekerja keras melakukan pencarian terhadap Aulia Lestari.

“Mungkin ini sudah takdir Tuhan. Kami sekeluarga sudah mengikhlaskannya,” lirih Darus dengan nada sedih.

Sebagaimana diketahui, Aulia Lestari Saruksuk (8), Selasa (7/4), sekira pukul 08.00 WIB, menghilang saat memanen buah pinang bersama orangtuanya di pinggiran sungai Aek Sibundong. Asik memanen, anak kelima dari enam bersaudara itu luput dari perhatian orang tuanya. Aulia Lestari diduga hanyut terbawa arus sungai Aek Sibundong.

“Aulia mandi di sungai. Naas, dirinya hanyut terseret arus sungai yang kondisinya cukup deras,” sebut Kepala Desa Rianiate, Enita Situmeang, saat itu. (ztm/tam)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker