Berita

Penanaman Kopi Perdana KRI di Ulupungkut

FaseBerita.ID – Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution bersama pengusaha nasional Abdul Satar melakukan penanaman kopi perdana di lahan PT Kopi Rakyat Indonesia (KRI), Desa Huta Padang Kecamatan Ulupungkut, Minggu sore (1/3).

Bupati menyambut baik program PT KRI yang memilih Kabupaten Madina sebagai tempat berinvestasi.

“Kita mendukung program PT KRI, karena tidak semata untuk mencari untung, tetapi programnya menjaga dan memelihara ekosistem hutan. PT KRI harus bisa jadi contoh, dan berkebun kopi bisa menyelamatkan ekosistem, bukan malah merusak,” kata Dahlan Hasan.

Bupati Dahlan Hasan meminta kepada Camat beserta lapisan masyarakat Ulupungkut agar ikut berperan aktif menjaga sumber kehidupan, yaitu air dan hutan.

“Semoga kehadiran PT KRI bisa membawa berkah buat Madina khususnya masyarakat Ulupungkut,” ujarnya.

Pengusaha nasional Satar menyampaikan, lahan perkebunan PT KRI seluas 14 Hektar akan ditanami kopi Arabika Mandailing.

“Kita akan akan jadikan kebun kopi ini sebagai kebun percontohan, bagaimana berkebun kopi secara agro forestry, bagaimana berkebun berproduksi tinggi, menghasilkan citra rasa yang baik dan sedikit biaya serta dengan tetap menjaga hutan tetap lestari, disamping itu nanti akan bisa menyerap tenaga kerja.

“Insa Allah PT KRI bisa berkontribusi kepada masyarakat Madina, ke depan ada simbiosis mutualisme yang terjalin, mohon dukungannya agar cita-cita kita menyejahterakan petani kopi dapat terwujud dengan baik,” kata Satar.

Selain Bupati dan pengusaha Satar, tampak hadir pada penanaman perdana itu, yakni Ketua Kadin Madina, Ketua HIPMI Madina, Kepala Dinas Pertanian, dan beberapa orang pengusaha lainnya. (wan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button