Berita

Pemungutan Suara Susulan di Nisel: 30.962 Warga Nyoblos di 153 TPS

MEDAN, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menetapkan pelaksanaan pemungutan suara susulan di 5 kecamatan, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) berlangsung hari ini, Selasa (23/4). Pemungutan suara susulan digelar karena KPU Nisel telat melakukan pendistribusian logistik Pemilu serentak 2019.

Ketua KPU Sumut Yulhasni mengatakan, di lima kecamatan itu ada sebanyak 30.962 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mereka akan mencoblos di 153 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ada 153 TPS yang tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Somambawa ada 6.362 DPT, Kecamatan Sidua’ori 5.181 DPT, Kecamatan Mazino 6.884 DPT, Kecamatan Lolowau 5.358 DPT dan Kecamatan Toma 7.176 DPT,” ungkap Yulhasni kepada wartawan di Medan, Minggu (21/4) lalu.

Penetapan Selasa sebagai hari pemungutan suara susulan, menurut Yulhasi sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Ketentuannya kan paling lama 10 hari setalah Pemilu (Peraturan Pemilu), Selasa kan belum 10 hari,” tutur Yulhasni.

Ia menyebutkan, hari ini, akan menjadi tanggal merah atau diliburkan, khusus untuk 5 kecamatan tersebut. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan waktu bagi masyarakat untuk fokus mengikuti pelaksanaan pencoblosan ulang.

Baca juga: Surat Suara Tak Terdistribusi ke 5 Kecamatan, 143 TPS di Nisel Pemilu Susulan

“Ya kita tetap berharap masyarakat datang beramai-ramai ke TPS. Kalau kemarin tanggal 17, terkendala ada permasalahan logistik kita minta maaf ke masyarakat tidak bisa menjalankan tepat waktu,” pungkas Yulhasni.

Sementara itu Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta mengungkapkan sudah menyiapkan personel untuk mengamankan jalannya pemungutan suara susulan di daerah itu.

”Sudah kita siapkan sudah kita minta BKO dari Polda juga. Semua TPS sudah kita amankan sesuai dengan pengamanan seperti sebelum sebelumnya,” kata Gede.

Gede mengungkapkan Polres Nisel sudah menyiapkan 190 personil kepolisian, termasuk mendapatkan bantuan personil dari Brimob Polda Sumut.? Ia berharapkan PSU tidak ada lagi kendala dan pelaksanaan berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Ya kita sudah memberikan himbauan masyarakat supaya pelaksanan Pemilu ini masing masing kita sama sama menjaga keamanan dan ketertiban apapun hasilnya bisa terima,” tandas Gede. (smg/fid)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker