Berita

Pemko Sibolga Semprot Dua Pasar

FaseBerita.ID – Di Kota Sibolga, Dinas Kesehatan Firmansyah Hulu mengatakan bahwa terkait PDP asal Padangsidimpuan meninggal dunia yang kesehariannya berjualan kain di Kota Padangsidimpuan, memiliki banyak pelanggan warga Kota Sibolga.

“Jadi tidak menutup kemungkinan ada warga Sibolga yang berinteraksi dengan almarhumah semasa hidupnya. Khususnya dalam dua minggu belakangan ini,” katanya.

Untuk itu, Firmansyah berharap dan mengimbau siapa saja warga Sibolga yang pernah berinteraksi dan atau berbelanja di toko kain milik almarhumah di Padangsidimpuan minimal dua minggu terakhir, agar segera melakukan pemeriksaan kesehatannya di Puskesmas terdekat.

“Dan akan kita lanjutkan untuk dilakukan tes cepat Covid-19 atau rapid tes tanpa dipungut biaya atau gratis. Untuk informasi selanjutnya terkait hal ini dapat menghubungi call centre Dinas Kesehatan Kota Sibolga di nomor handphone 085270407787,” tandasnya.

Sementara itu dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui pihaknya juga melakukan sterilisasi berupa penyemprotan disinfektan di Pasar Inpres Aek Habil dan lantai dua Pasar Sibolga Nauli, Minggu (5/3).

“Penyemprotan yang dilakukan bersama TNI/Polri ini dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona di Kota Sibolga atas meninggalnya PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19, yakni almarhumah E di Kota Padangsidimpuan,” jelas Firmansyah kepada wartawan.

Menurut Firmansyah, tim penyemprot disinfektan yang diterjunkan Dinas Kesehatan Kota Sibolga bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di tempat yang banyak dikunjungi orang tersebut.

“Penyemprotan dilakukan mulai lokasi pintu masuk pasar, kios pakaian, lapak sembako dan lapak lainnya yang berada di area pasar Inpres Aek Habil dan Pasar Sibolga Nauli,” beber Firmansyah.

Dia mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan di pasar itu selain mencegah penyeberan virus, juga agar pedagang dan pembeli tidak merasa khawatir dan panik. “Jadi salah satu cara untuk pengendaliannya adalah dengan penyemprotan disinfektan. Dan kami juga mengimbau saat bertransaksi untuk tetap menjaga jarak aman,” tukasnya.

Firmansyah juga berharap, para pedagang dan pembeli di pasar yang ada di Kota Sibolga agar membudayakan hidup sehat melalui cuci tangan ketika akan masuk dan keluar area pasar. “Selain itu, masyarakat kami minta untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit,” imbuhnya.

Kepala UPT Pasar Kota Sibolga Johannes Panjaitan mengatakan, bahwa pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan pasar yang ada di Kota Sibolga sesuai petunjuk Kadis Perindag Sibolga Agung Mariani Barus.

“Kita melakukannya malam hari saat kondisi pasar sudah sepi. Kami juga berterima kasih kepada Pemko Sibolga melalui Dinas Kesehatan, TNI/Polri yang sudah bersama-sama melakukan penyemprotan, guna memberikan kenyamanan kepada pengunjung maupun pedagang,” ujarnya. (rb)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close