Berita

Pemko Sibolga Gelar Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan

SIBOLGA, FaseBerita.ID- Pemerintah Kota Sibolga melakukan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Tahun 2020 di Aula Nusantara, Kamis (27/8) lalu.

Seleksi JPT tersebut dilakukan dikarenakan adanya lima posisi jabatan yang kosong di lingkungan Pemerintahan Kota Sibolga.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Amarullah Gultom saat diwawancarai awak media di media di lobi kantor Wali Kota Sibolga.

“Ini merupakan seleksi untuk mengisi jabatan yang kosong, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Catatan Sipil, Dinas Koperasi dan UKM, yang terakhir Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” ujarnya.

Amarullah menambahkan, seleksi yang dilaksanakan diikuti oleh 13 peserta, namun seleksi hanya 12 saja yang mengikuti dikarena kan satu orang sedang sakit. Dirinya menjelaskan, keseluruhan peserta tersebut telah memenuhi persyaratan dan akan menjalani beberapa tes.

“Ke-13 peserta yang mengikuti seleksi ini akan menjalani serangkaian tes, seperti tes psikometrik dengan assesment di Kampus Unimed Medan, kemudian tes wawancara penyajian makalah di Aula Kantor Wali Kota Sibolga, ada satu yang tidak mengikuti tes wawancara ini yakni atas nama Agus Saleh,” terangnya.

Masih kata Amarullah, tentang ketentuan bahwa enam bulan sebelum masa Wali Kota berakhir tidak boleh melakukan rotasi, dirinya menjelaskan bahwasannya kegiatan seleksi ini telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen Otonomi daerah.

“Benar itu tidak bisa dilakukan, kecuali telah mendapatkan izin dari Dirjen Otda. Ini bukan rotasi mutasi, tetapi pengisian jabatan yang kosong, untuk pelaksanaan kegiatan ini khusus karena ini JPT Pratama eselon dua, juga harus mendapat rekomendasi dari Komisi ASN dan inilah menjadi dasar bagi kita melakukan seleksi terbuka JPT Pratama tahun 2020,” bebernya.

Amarullah berharap, yang lulus seleksi merupakan ASN terbaik di Kota Sibolga, karena diseleksi oleh orang-orang terpilih, seperti pengacara, dari USU, Unimed dan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Harapan kita bagaimana terpilih ASN terbaik, karena mereka ini yang akan memanejemen pelaksanaan pekerjaan kemudian membantu Wali Kota dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Sibolga,” harapnya. (fi/mis)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button