Berita

Pemko Siantar Beri Penghargaan kepada Wajib Pajak

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar membagikan award atau penghargaan kepada wajib pajak tahun 2019. Acara penyerahan award digelar di Ballroom Lantai II Convention Hall Siantar Hotel, Jumat (15/11/2019) malam.

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah dalam sambutannya yang dibacakan Plh Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar Kusdianto SH mengatakan, dewasa ini pengelolaan dan pemungutan pajak daerah di Pematangsiantar sudah berjalan sesuai harapan.

Hanya saja di sisi lain, tidak bisa dipungkiri pengelolaan dan pemungutan retribusi daerah masih perlu mendapat perhatian serius dan dimaksimalkan pemungutannya.

Pajak daerah dan retribusi daerah, katanya merupakan salah satu komponen pendapatan asli daerah (PAD) sebagai penunjang bagi terselenggaranya pemerintahan dan pembayaran, dan sebesar-besarnya pemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat Pematangsiantar.

Sebagai dana yang bersumber dari masyarakat, pajak daerah dan retribusi harus dikelola secara baik, akuntabel, dan transaparan yang dalam pemungutannya juga harus mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan yang baik dan memenuhi standar pelayaran publik.

Seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) pengelolaan pajak daerah dan retribusi, sambungnya, agar terus berupaya maksimal untuk mencapai target kinerja yang telah ditentukan dan terus berinovasi, berkreativitas, serta meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan dan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah dengan mengedepankan integritas, etika, dan memegang teguh prinsip pelayanan, yaitu Senyum, Sapa, dan Salam.

“Saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat wajib pajak yang turut berkontribusi bagi daerah melalui pembayaran kewajiban perpajakannya. Kiranya kesadaran dan kontribusi tersebut menjadi sumbangsih yang sangat berharga bagi penyelenggara pemerintahan dan pembangunan di Kota Pematangsiantar,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan kepada para camat, para lurah, PPAT/notaris dan petugas pajak yang dengan dedikasi yang sangat tinggi telah membantu terlaksananya pemungutan pajak daerah di Kota Pematangsiantar.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan saya harapkan di tahun yang akan datang pengelolaan dan pemungutan pajak daerah menjadi lebih baik lagi,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga juga mengaku sangat mengapresiasi atas kinerja dan upaya Pemerintah Kota Pematangsiantar yang telah berhasil mengubah paradigma dalam pengelolaan dan pemungutan pajak daerah.

Ke depan, diharapakan berbagai ekspektasi dari seluruh stakeholder yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dalam pengelolaan dan pemungutan pajak daerah dapat terpenuhi sebagaimana yang diharapkan.
Timbul pun mengapresiasi seluruh masyarakat wajib pajak.

“Kiranya kontribusi Saudara sekalian dapat digunakan dan dimanfaatkan secara baik guna terselenggaranya pemerintahan dan pembangunan di Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini,” sebutnya.

Timbul juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder pengelola dan pemungut pajak daerah dan retribusi daerah.

“Selamat kepada seluruh pemenang penerima penghargaan Pembayaran Pajak Daerah Terbaik Kota Pematangsiantar tahun 2019,” ucapnya .

Kategori penghargaan Pajak Daerah Award Tahun 2019 yakni Pajak Parkir Kategori Kecil dan Kategori Besar, Pajak Hiburan Kategori Kecil dan Kategori Besar, Pajak Hotel Kategori Kecil dan Kategori Besar, Pajak Restoran Kategori Kecil dan Kategori Besar, serta Pajak Tanah Air Kategori Kecil dan Kategori Besar.

Kemudian, Pajak Reklame Kategori Kecil dan Kategori Besar, realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di atas 100 persen, pemenang utama Kecamatan dan Kelurahan Terbaik tahun 2019, serta pemenang utama PPAT/notaris terbaik tahun 2019.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Bank Sumut Pematangsiantar, para asisten, dan staf ahli Pemko Pematangsiantar. (Mag-04/rel)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close