Berita

Pemko Psp Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD

Ini Empat Prioritas Pembangunan di Psp

FaseBerita.ID – Jajaran Pemko Padangsidimpuan melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, di Aula Baperlitbang, Senin (17/2).

Adapun rapat konsultasi tersebut dilaksanakan, sesuai UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, serta Perda Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Padangsidimpuan Tahun 2019-2023.

Forum Konsultasi Publik ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan terhadap rancangan awal RKPD yang lebih menitikberatkan pada aspek teknokratik, juga memperoleh masukan, saran, dan pendapat dari OPD maupun stakeholder terkait untuk penyempurnaan rencana awal RKPD Kota Padangsidimpuan Tahun 2021.

Wawako Arwin Siregar dalam sambutannya menyebutkan, Forum Konsultasi Publik ini merupakan kegiatan strategis yang dapat memberdayakan atau membangkitkan partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, perlu menjadi perhatian bersama.

Ia juga menyampaikan 4 rencana prioritas pembangunan Kota Padangsidimpuan; pembangunan manusia, peningkatan nilai tambah ekonomi, pemerataan pembangunan dan konektivitas, serta penataan kota yang berwawasan lingkungan dan tata kelola pemerintahan.

“Empat prioritas pembangunan tersebut merupakan bagian dari strategi pencapaian prioritas nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara. Untuk capai target pada tahun 2021 ini, dibutuhkan dukungan dari semua pihak, dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, perangkat daerah, masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi dan lainnya,” kata Wawako.

Sementara itu Ketua DPRD Siwan Siswanto menyampaikan, DPRD akan menjadi bagian pengawasan dan menerima aspirasi masyarakat.

“Kami akan menjadi bagian dari pengawasan, selain itu kami akan bersama-sama dengan seluruh stakeholder untuk menentukan aspirasi masyarakat untuk kemajuan kota Padangsidimpuan,” ujarnya. (bsl)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close