Berita

Pemko harus Terbitkan Perwa atau Perda: Hewan Peliharaan Wajib Divaksin

SIANTAR, FaseBerita.ID – Salah satu cara pencegahan agar tidak terjadi lagi korban gigitan anjing yang terinfeksi rabies adalah dengan menerbitkan Perwa atau Perda yang pada intinya mewajibkan pemberian vaksin kepada anjing peliharaan.

Riduan Manik salah seorang praktisi hukum di Kota Pematangsiantar mengatakan bahwa di Kota Siantar cukup banyak masyarakat yang memilihara anjing. Sehingga tidak sedikit juga kasus masyarakat yang terkena gigit yang walaupun tidak semuanya terinveksi rabies.

Namun untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat, maka perlu suatu aturan yang isinya mewajibkan untuk dilakukan vaksin bagi anjing peliharaan.

“Bila seluruh anjing divaksin, maka penyebaran virus rabies akan dapat dicegah. Ini juga bermanfaat bagi anjing itu sendiri hingga bagi sipemilik dan masyarakat,” ujar Riduan.

Dengan dibuatnya, Perwa atau Perda maka, kewajiban untuk dilakukan vaksin harus dilaksanakan. “Jika si pemilik tidak bersedia anjing peliharannya divaksin maka, harus ada ketentuan atau sanksinya, anjing tersebut bisa disita oleh Dinas Peternakan,” tambah Riduan Manik.

Riduan menambahkan, Dinas Peternakan juga diminta aktif untuk melakukan sosialisasikan hingga ke tingkat kelurahan.

“Biaya untuk vaksin juga kalau bisa jangan terlalu mahal supaya tidak memberatkan bagi masyarakat. Dan pemberian vaksin ini juga harus benar-benar tertib dilakukan secara berkala. Seperti sekali tiga bulan atau enam bulan,” terang Riduan.

Dengan adanya korban yang kena rabies hingga mengakibatkan meninggal dunia lantaran kurang cepat dilakukan penanganan menjadi pelajaran bagi Pemko Siantar untuk bisa memberikan perlindungan kepada masyarakatnya.

Perlindungan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah kepada masyarakatnya dengan memberikan kenyamanan melalui pembuatan Perwa atau Perda tentang hewan peliharaan.

“Baik itu anjing kucing, hingga monyet. Perlu mendapat vaksin. Karena hewan tersbut rentan terinveksi virus rabies,” ujar Riduan. (mag4/pra)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close