Berita

Pemkab Paluta Gelar Forum Konsultasi Publik

PALUTA, FaseBerita.ID – Dalam rangka penyusunan rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik di aula kantor Bappeda Paluta, Kamis (30/1).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Padang Lawas Utara Berdaya Saing’ dibuka oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H Burhan Harahap dihadiri oleh kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan, pimpinan OPD Paluta, pimpinan BUMN, perusahaan swasta, OKP/Ormas, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya dan menghadirkan narasumber diantaranya dari Kepala Bappeda Provsu, Guru besar UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA, Dosen USU Agus Suriadi MSi.

Dalam sambutan Bupati Paluta Andar Amin Harahap yang disampaikan Sekdakab Paluta H Burhan Harahap saat membuka Forum Konsultasi Publik mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD Tahun 2021 mendatang.

“Konsultasi publik ini hendaknya dapat menjadi forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah,” ucapnya.

Katanya, ada sejumlah prioritas pembangunan yang tercantum dalam RPJMD 2019-2023 untuk 5 tahun kedepan antara lain;

1. Penerapan reformasi birokrasi
2. Peningkatan kualitas daya sain SDM
3. Pengarusutamaan gender
4. Peningkatan keterampilan tenaga kerja
5. Pengembangan produktivitas produk unggulan daerah
6. Penanggulangan kemiskinan
7. Pemenuhan infrastruktur dasar wilayah yang terpadu dan berkelanjutan.

Sedangkan fokus pembangunan Paluta tahun 2021 mampu meningkatkan daya saing dalam beberapa aspek yakni;

1. Pemerataan pendistribusian tenaga pendidik dan kependidikan
2. Peningkatan kualitas manajemen pendidikan
3. Peningkatan peluang dan kesempatan kerja terdidik dan terampil
4. Peningkatan kualitas kompetensi dan tenaga kerja
5. Pengembangan pengelolaan daerah destinasi wisata
6. Peningkatan pemberdayaan koperasi dan UMKM

Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta forum, beliau menekankan agar mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat, dan terencana, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap.

Kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan dalam pemaparan yang disampaikan sekretaris Iskandar Muda Hasibuan mengatakan tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

Kemudian, merumuskan masukan dan saran terhadap Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 yang akan menjadi pedoman penyusunan rancangan Renja perangkat daerah.

Sementara, dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kabid Sosbud dan pemerintahan Rahmat Hidayat Siregar menyampaikan bahwa pelaksanaan forum konsultasi Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 bertujuan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah serta mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2021.

Dan hasil yang diharapkan dari forum kondultasi publik ini adalah penyempurnaan Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 untuk dijadikan pedoman dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2021.

“Kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi serta pemahaman bersama tentang arah pembangunan tahun 2021,” ujarnya.

Pantauan wartawan, usai bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber salah satunya Prof Dr Syahrin Harahap MA yang memaparkan tentang program menuju agro industri diantaranya program pertanian terfokus, infrastruktur, home industri, publikasi non facture yang didukung oleh subtrastruktur seperti pengembangan balai latihan kerja, sarana sekolah dan perguruan tinggi, peningkatan peranan penyuluh pertanian, motivasi adat dengan mendorong adat untuk berperan dlm pembangunan serta land use berupa pemetaan lahan yang dimanfaatkan yang diawali dengan perubahan paradigma dari setiap individu pemangku jabatan serta masyarakat awam. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button