Berita

Pemkab Paluta Bersiap Hadapi New Normal

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan persiapan kemungkinan penerapan New Normal di daerah ini.

Hal tersebut dilakukan terkait skenario normal baru atau new normal untuk kembali menggerakkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang bakal diterapkan pemerintah pusat.

“Saat ini kita sedang melakukan persiapan atas segala hal untuk menghadapi kemungkinan penerapan New Normal atau normal yang baru,” kata Ketua TGTPP Covid-19 Kabupaten Paluta Andar Amin Harahap, Minggu (31/5).

Dijelaskannya, saat ini sedang dilakukan pemetaan oleh pemerintah pusat khususnya zona hijau untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Tambahnya, pola hidup baru atau new normal harus disiapkan di setiap aspek, mulai dari dunia usaha hingga tempat ibadah dan hal lainnya. “Kita harus membuat pola kehidupan baru, seperti apa kita berinteraksi serta semua pola kegiatan kita berubah sebelum ditemukannya vaksin dari virus ini,” katanya.

Meski begitu, penerapan kehidupan New Normal ini bukan berarti pelonggaran atas pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bagi daerah yang sudah menerapkannya.

Katanya, kehidupan New Normal ini berarti menjalani kehidupan dengan tetap mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun, social distancing dan pyshical distancing, menjaga pola hidup bersih dan sehat serta protokol kesehatan lainnya yang ditetapkan pemerintah.

“New Normal itu menjalani hidup dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. Untuk posko pemeriksaan kesehatan yang kita dirikan tetap berjalan seperti sediakala,” jelasnya.

Selain itu, sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat masih perlu digalakkan, sehingga jika saatnya nanti new normal harus dijalankan, Kabupaten Paluta sudah siap.

Untuk persiapan atas segala hal yang dibutuhkan, pemerintah pusat memberikan waktu selama 2 minggu untuk melakukan analisis dan evaluasi atas kesiapan menghadapi New Normal sesuai aturan yang ada. (ais)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close