Berita

Pemkab Gencar Promosikan Kopi

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel gencar mempromosikan potensi Kopi Arabika Sipirok saat ini. Salah satunya lewat Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Tapian Daya, Medan. Tahun ini, paviliun Pemkab Tapsel sangat kental dengan nuansa Kopi Arabika Sipirok.

Pantauan Metro Tabagsel, paviliun dengan dua lantai di arena PRSU itu, lebih cenderung mempromosikan Kopi Arabika Sipirok, yang telah menerima pengakuan berupa Indikasi Geografis (IG) dari Kementrian Hukum dan HAM, tahun 2018 lalu.

Hal itu langsung tampak dari dalam dan luar gedung paviliun. Dipintu masuk, pengunjung langsung membaca, pemplet tentang kopi dan IG Kopi Arabika Sipirok. Berbagai produk Kopi Arabika Sipirok dalam kemasan juga begitu mudah didapatkan di dalam ruangan gedung paviliun.

Bahkan, di pelataran gedung bagian belakang, terdapat ‘bagasta kopi’ yang menyediakan minuman kopi dan teh kopi yang diolah, diracik dan disajikan secara langsung.

Beberapa pengunjung, baik dari Tapsel sendiri maupun dari daerah lain, tampak antusias menikmati Kopi Arabika Sipirok tersebut. Apalagi, panitia paviliun Pemkab Tapsel pada PRSU kali ini, menyediakan beberapa pasang meja dan kursi khusus untuk minum kopi.

Dan, pada pembukaan kali ini, seluruh pengunjung, selalu disuguhi minuman kopi bercita rasa tinggi secara gratis.

“Kita menyiapkan tim ‘bagasta kopi’ lengkap dengan pengolah dan penyeduh Kopi Arabika Sipirok dengan cita rasa tinggi. Selain minuman kopi, kita juga menyuguhkan teh kopi, yang terbuat dari kulit kopi dan diolah sedemikian rupa dan memiliki aroma kopi terasa khas,” ungkap Ahmad Raja Nasution, Kadis Perdagangan dan UKM Tapsel.

Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar pada Metro Tabagsel menyampaikan, kopi merupakan tanaman primadona saat ini bagi masyarakat Tapsel. Sebab, tanaman kopi, khususnya kopi Arabika, memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi, setelah menerima pengakuan lewat Indikasi Geografis (IG).

“Pemkab memiliki dukungan penuh untuk mendorong potensi ini. Lewat PRSU ini, kita harapkan potensi kopi yang dimiliki Tapsel saat ini semakin dikenal luas. Sehingga memberi dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat ke depan, khususnya petani kopi,” ungkapnya.

Khusus kepada masyarakat petani kopi, Aswin yang juga sangat kental dengan dunia pertanian ini menyebut, agar terus menjaga kwalitas kopi Sipirok. Dan menjadi potensi besar untuk dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button