Berita

Pemkab Asahan Bakal Launching Aplikasi ASADA

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan berupaya memberikan informasi penyediaan laporan data yang lengkap, valid, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan dengan melaunching aplikasi yang mudah diakses masyarakat bernama “ASADA” atau Asahan Satu Data.

Peluncuran web program ASADA ini diharapkan bisa memberikan kontribusi sesuai kewenangannya secara periodik pada masing-masing instansi sehingga masyarakat dengan mudah melakukan update data. Hal ini juga sebagai kesiapan Pemkab Asahan dalam mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi Sarana Prasaran Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan Riris Kusmiyati saat menggelar Pra Launching dan sosialisasi aplikasi Asahan Satu Data, di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (30/10/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar mengatakan, kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Kemudian, adapun dasar hukum mengatur penyediaan satu data Indonesia (SDI) yakni Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Fublik, Undang-Undang Nomor 25 Tentang Pelayanan Fublik, Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Fublik, Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, dan Peraturan Bupati Asahan Nomor 39 Tahun 2018 Tentang Penyelengaraan E-Goverment.

“Selanjutnya, Pemkab Asahan telah membangun aplikasi/program ASADA. ASADA merupakan aplikasi berbasis web yang dientry oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Asahan,” ujarnya.

Keberhasilan ASADA ini akan sangat bergantung dan dipengaruhi oleh adanya ketersediaan data dan informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki perangkat daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya. Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, OPD, camat dan tamu undangan lainnya.

Sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan Zulkarnain. (per/ahu)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close