Berita

Pemerintah Kecamatan Parlilitan Gelar Sertijab Kades

HUMBAHAS, FaseBerita.ID-Pemerintah Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), menggelar acara serah terima jaatan (Sertijab) terhadap tujuh kepala desa (Kades), Kamis (16/1), di Balai Pertemuan Kecamatan Parlilitan.

Pada kesempatan ini, sebanyak enam orang Kades yang telah berakhir masa jabatannya (2013-2019) menyerahkan  segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas Kades, kepada- kepala desa terpilih untuk periode 2019-2025 yang telah dilantik pada 13 Desember 2019 lalu.

Sementara, satu Kades lainnya yakni, Kades Sihotang Hasugian Tonga (Sihasto) menggelar serah terima jabatan Kades dari yang lama kepada penjabat Kades yang ditunjuk oleh kecamatan. Sebab, tidak ikut serta dalam Pilkades serentak pada 2019 lalu.

Acara tersebut dihadiri Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang Ssos MM, dan Forum Pimpinan Kecamatan Parlilitan lainnya seperti, Danramil 11 Parlilitan Peltu Andi Lumban Turuan, Kapolsek Parlilitan AKP Bintang P Simanungkalit, Ketua BPD masing-masing desa, tokoh masyarakat, serta sanak keluarga kades.

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang mengucapkan selamat kepada para Kades yang telah melakukan Sertijab. Dia berharap, kepala desa dapat bekerja maksimal sesuai dengan fungsinya, dan mengikuti segala aturan. “Kami mengharapkan, kepala desa dapat menjalankan tugas dan fungsi kepala desa sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.

Eliapzan juga berpesan, agar dana desa digunakan dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa, dengan berpedoman pada regulasi yang ada. “Gunakan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat. Bukan kepentingan kelompok atau golongan,” tukasnya.

Lebih jauh, Eliapzan juga mengajak para ketua PKK untuk mendukung sepenuh hati tugas-tugas kepala desa, “Tetapi jangan terlalu mencampuri. Karena banyak hal yang akan dilakukan kepala desa, termasuk waktunya akan tersita kepada masyarakat. Bukan lagi kepada keluarga,” tegasnya.

“Mari seluruh kepala desa, yang baru dan yang lama menjalin komunikasi yang baik. Perbanyak diskusi dalam hal pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan pembinaan masyarakat,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Kapolsek Parlilitan AKP Bintang P Simanungkalit. Bintang. Dia menambahkan, dalam hal pengelolaan dana desa, kepala desa diminta untuk mengutamakan transparansi. Lebih lanjut, Bintang mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti segala laporan terkait dugaan penyalahgunaan dana desa. “Kita akan tindaklanjuti dengan berkoordinasi kepada inspektorat,” jelasnya.

Sekadar diketahui, berikut Sertijab Kades yang digelar. Kepala Desa Sionom Hudon Selatan Jonner Tinambunan, Kepala Desa Sionom Hudon Timur Piator Tinambunan, Kepala Desa Sionom Hudon Utara Raja Jonri Eduard Tinambunan. Selanjutnya, Kepala Desa Sionom Hudon Toruan Dispen Barasa, Kepala Desa Sionom Hudon Tonga Sahat Hasugian, Kepala Desa Baringin Hotmauli Sitohang. Sementara, Kepala Desa Sihotang Hasugian Tonga Penjabat Rolan Sinaga. (sht/ahu)





Back to top button