Berita

Pemerintah Desa Pusuk I Parlilitan Beri Beasiswa Bagi Anak yang Masuk PTN

HUMBAHAS, FaseBerita.ID– Pemerintah Desa Pusuk I, Kecamatan Parlilitan, Humbang Hasundutan (Humbahas) membuat satu terobosan baru berupa pemberian bantuan beasiswa kepada anak desanya, yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dananya bersumber dari alokasi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

Bantuan stimulan berupa pembayaran uang kuliah selama satu semester serta uang kantong sebesar lima ratus ribu rupiah selama enam bulan, diberikan kepada tiga anak yang berhasil masuk ke PTN.

Acara digelar di Kantor Desa Pusuk I, Jalan PBM, Pasar Pusuk, Kecamatan Parlilitan, Senin (5/10). Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Pusuk I Juni Mahulae dan dihadiri oleh Wakil Ketua BPD Sahat Munte, Kepala SMPN 2 Parlilitan Kejas Buaton, perangkat desa serta orangtua penerima beasiswa.

Kades Pusuk I Juni Mahulae dalam sambutannya mengatakan, bantuan tersebut merupakan motivasi kepada anak yang berprestasi masuk PTN. Bantuan hanya diberikan kepada keluarga kurang mampu.

Hal ini bertujuan untuk membantu anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi agar terus giat belajar serta sedikit meringankan beban orangtua membiayai anaknya.

“Bantuan yang dapat diberikan oleh pemerintah desa hanya uang kuliah satu semester serta uang saku lima ratus ribu per bulan, selama enam bulan. ini hanya motivasi. selanjutnya, adek-adek harus giat dan terus meningkatkan prestasi dalam perkuliahan,” kata Juni.

Juni juga berharap, dengan adanya program desa tersebut, nantinya dapat memajukan desanya di bidang SDM  melalui peningkatan pendidikan, sehingga anak-anak lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar. Kelak, anak-anak yang berhasil dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan desa. Juni juga mengajak orangtua untuk selalu mendukung kemajuan pendidikan anak-anak. “Itu sebabnya kita mengadakan program seperti ini, terkhusus di bidang pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut diterangkannya bahwa ada tujuh anak dari desanya yang berhasil lolos masuk PTN. Dua di antaranya tergolong dari keluarga mampu. Sementara dua orang lainnya, belum memberikan bukti pembayaran  uang kuliahnya.”Bantuan kita programkan untuk lima orang. akan tetapi, dua orang lagi masih dalam pengurusan,” terangnya.

BPD melalui wakil Ketua, Sahat Munte mengaku bangga dan berterimakasih dengan adanya bantuan tersebut. Menurut dia, Desa Pusuk I merupakan desa pelopor yang memberikan bantuan kepada anak yang masuk PTN dari Dana Desa di kabupaten Humbang Hasundutan.

Ditambahkannya, selain bantuan tadi, Kepala Desa bersama aparaturnya telah banyak membuat terobosan-terobosan, seperti di bidang pertanian. Di mana,  semua bertujuan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa itu.

“Saya rasa, kita semua setuju bahwa kita bangga dan sudah sepantasnya mengucapkan terimakasih kepada kepala desa. Saya rasa ini yang pertama kali di Humbahas, dana desa digunakan untuk beasiswa kepada anak yang masuk perguruan tinggi negeri,” tutur Sahat.

Senada disampaikan Kejas Buaton, Kepala SMPN 2 Parlilitan. Kejas berpesan anak-anak giat menimba ilmu pengetahuan serta apabila sudah berhasil, agar membantu memajukan desa Pusuk I.

Sementara itu, Satian Sianturi, mewakili orang tua dari mahasiswa penerima bantuan menyampaikan terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah, terutama kepala desa. Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan itu. dan mereka tambah bersemangat untuk menyekolahkan anak mereka.

“Terimakasih Pak Kepala Desa. bantuan ini sangat bermanfaat dan menambah semangat kami untuk lebih giat bekerja untuk menyekolahkan anak-anak kami,” ujar Satian.

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa/i penerima beasiswa juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa. “Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasi belajar, agar kami dapat berhasil serta bantuan ini tidak sia-sia,” ujar Dandi Tumanggor yang masuk Universitas Bengkulu, mewakili teman-temannya.(sht/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button