Berita

Pembangunan Pelabuhan Tongging Dilanjutkan Tahun 2020

FaseBerita.ID – Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Tongging, Selasa (14/1) mengatakan, proyek pembangunan Pelabuhan Tongging di Kecamatan Merek tetap dilanjutkan ke tahap dua, dan sesuai waktu pada Maret 2020 ini dikerjakan.

Menurut Terkelin, keberadaan Pelabuhan Tongging akan mendorong pariwisata di Kabupaten Karo. “Dengan adanya pembangunan dermaga Tongging ini dapat meningkatkan, mendukung kemudahan dalam sistem penyeberangan barang dan orang serta juga sebagai dermaga pariwisata untuk mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba,” katanya didampingi.

Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kadis PMD Abel Tarawai Tarigan, Kadis Pariwisata Munar Ginting, Kadis Perikanan Sarjana Purba, Sekretaris Dinas Perhubungan Budiman Sinulingga, dan Camat Merek Juspri Nadeak.

Dari peninjauan itu, Terkelin mengaku pembangunan Pelabuhan Tongging sempat terhenti beberapa bulan.

“Walaupun mangkrak beberapa bulan, tapi kita optimis pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selaku penyelenggara akan melanjutkan pembangunan tahap II,” katanya.

Terkelin menjelaskan, pembangunan Pelabuhan Tongging dikerjakan CV Ridho Pratama. Di tahap pertama pembangunan, pihak kontraktor telah melaksanakan pembangunan tiang pancang sebanyak 20 titik.

Sementara itu, Kepala Bappeda Karo, Nasib Sianturi mengatakan, pembangunan tiang pancang oleh CV Ridho Pratama pada tahap pertama pembangunan di tahun 2019, telah selesai. Selanjutnya, akan dilaksanakan pembangunan terminal dan lahan parkir.

“Tahap pertama sebanyak 20 titik (tiang pancang) telah selesai. Dan tahun 2020 ini akan dilakukan pembangunan fisik yaitu pembangunan terminal, lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya,” katanya.

Nasib mengamin bahwa pembangunan tahap kedua Pelabuhan Tongging akan dimulai pada Maret 2020. “Sebab sekarang sudah mulai proses tender dan diperkirakan akan selesai bulan Desember 2020. Sehingga saat Nataru (Natal dan Tahun Baru) dermaga sudah dapat dioperasikan,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Karo, Munar Ginting berharap Pelabuhan Tongging segera terwujud. “Ini adalah salah satu penunjang kemajuan dunia pariwisata Kabupaten Karo. Tentu dengan adanya dermaga sudah pasti kegiatan wisata bertambah banyak dan akan menambah PAD Karo,” tegasnya.

Sekadar diketahi, tahap pertama pembangunan Pelabuhan Tongging dimulai sejak Rabu 16 Oktober 2019 lalu. Pelabuhan Tongging bagian dari 12 pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yang dibangun Kementerian Perhubungan. (deo/smg)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close