Berita

Pembangunan Parit di Aek Sabaon Tapsel Jadi Sorotan

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pembangunan parit dipinggir jalan, yang diduga bersumber dari APBD Tapsel Tapsel 2019, kembali menjadi sortan publik. Pasalnya, kondisi dilapangan, terkesan dikerjakan asal jadi.

Beberapa hari lalu, pembangunan begitu gencar di ruas jalan menuju Kecamatan Marancar, milik Pemkab Tapsel itu. Ada pengecoran bahu jalan, ada juga pembangunan atau pemasangan parit.
Namun, kondisi dilapangan, tak sedikit diantaranya diduga menyalahi ketentuan. Seperti halnya, ukuran pasangan pasir dan semen. serta ukuran atau volome pasangan.

Dimana, dari beberapa titik, masih kerab kedepatan ukuran pemasangan batu untuk parit jalan, tidak sama dari atas hingga kepondasi atau bagian bawah. Selain itu, coran lantai untuk parit juga kelihatan tipis.

“Inilah bukti kalau pengawas jarang turun kepalangan. Atau patut diduga, pengawasnya sudah mengetahui ini tepi pura pura tidak meihat,” ungkap B Siregar (50) salah seorang warga.

Diutarakan, kesungguhan pemerintah dalam menuntaskan pembangunan, kerab terhambat dalam pelaksanaan dilapangan. Dan tentunya, semua itu tak lepas dari staf atau petugas yang dipercayakan untuk mengawasi diduga kuat tak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Ya, begitulah kondisinya. Kita akui Bupati begitu gencar dalam membangun, tetapi hasil dilapangan kerap seperti ini, karena kurangnya pengawasan,” ungkapnya.

Hal serupa juga dutarakan beberapa warga Marancar yang lalu lalang. Menurut mereka, beberapa tahun belakangan, arah pembangunan begitu gencar menuju Marancar. Akan tetapi, tak jarang diantara hasil pelaksanaan pembangunan, sudah rusak parah. Tentu hal itu ‘mengindikasikan’ pelaksanaan dilapangan kurang mengutamakan kwalitas.

“Bisa juga karena minimnya pengawasan,” sebut Simanjuntak (55) salah seorang warga.

Paling miris, pekerjaan tersebut belum dipasang plank proyek yang bisa menjelaskan pada publik, tentang jenis kegiatan, volome, sumber dan jumlah biaya.

Ketika hal ini dimintai keterangan dari Dinas Pekerjaan Umum Daerah Kabupaten Tapsel, ternyata membenarkan, bahwa kegiatan itu adalah proyek bersumber dari APBD Tapse tahun 2019 ini. (ran)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close