Berita

Pembangunan Kebun Raya Sipirok Dimulai

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pembangunan Kebun Raya Sipirok, yang memanfaatkan lokasi arah Selatan, Pusat Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapsel, Sipirok, dimulai tahun ini.

Pembangunan telah dimulai dengan pembukaan badan jalan. Dan juga persiapan pembangunan lainnya, seperti pembuatan embung untuk lokasi aquatik serta pemeliharaan dan penanaman berbagai jenih pohon langka dan mengandung makna untuk bahan penelitian kelak.

Kepala Bappeda Tapsel Abadi Siregar menjelaskan, lahan yang dibutuhkan untuk Kebun Raya Sipirok tersebut adalah sekitar 80 hektare. Dan lokasinya memanfaatkan lahan yang ada di bagian selatan pusat pemerintahan Kabupaten Tapsel.

“Sebagian pohon yang langka dan bahkan dilindungi, masih terdapat di lokasi yang tersedia,” ungkap Abadi.

Pada tahun anggaran 2019 ini sambung Abadi, Pemkab Tapsel telah mengalokasikan dana pembangunan, untuk pembukaan jalan dengan penjang sekitar 3.000 dengan lebar bervariasi.

“Ada yang jalur 2 dengan lebar 20 meter, dengan panjang sekitar 700 hingga 800 meter, sisanya hanya dengan lebar 6 hingga 7 meter, karena merpakan jalan biasa,” terangnya seraya menyebut, pelaksanaan di lapangan sudah mulai dilakukan.

Disampaikan, terwujud dan terlaksananya pembangunan Kebun Raya Sipirok ini, tentunya tidak lepas keseriusan dan kepedulian Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu untuk kemajuan daerah.

Dalam rangka percepatan pembangunan kebun raya yang diharapkan menjadi ikon Tapsel kedepan, pihak LIPI terus mendampingi Pemkab Tapsel.

“Secara bertahap akan dibangun juga pintu gerbang, kantor pengelola, paranet (untuk pembibitan) serta fasilitas pendukung lainnya agar areal kebun raya lebih refresentatif dikunjungi pengunjung,” sebutnya.

Ia menyampaikan, pada area kebun raya itu, nantinya akan ada zonasi-zonasi seperti tanaman obat-obatan, anggrek, buah-buahan, tanaman akuatik, kolam retensi, taman bunga, miniatur pakan orangutan dan lainnya.

“Kolam retensinya juga telah terbentuk atau tersedia secara alami. Dan potensinya sangat luar biasa. Dan kita prgramkan menjadi lokasi atau zona tanaman aquatik,” terangnya.

Menurut Abadi, lokasi Kebun Raya Sipirok yang rencananya akan launching pada tahun 2020, selaian menjadi kebanggan, juga diharapkan bermanfaat dan memberi edukasi bagi masyarakat luas untuk keperluan penelitian. Dan tentunya berpotensi menjadi wahana rekreasi yang bernilai edukasi. (ran)

iklan usi



Back to top button