Berita

Pemaparan Visi dan Misi Balon Walikota-Wakil Walikota di Partai NasDem

Asner Silalahi Utamakan Infrastruktur dan Pendidikan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Bakal calon Walikota Pematangsiantar Ir Asner Silalahi MT menghadiri jadwal pemaparan visi dan misi di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem, di Jalan Pattimura Pematangsiantar, Senin (4/11/2019).  Menurut Ketua DPD Partai NasDem Pematangsiantar Frans Herbert Siahaan pemaparan visi dan misi merupakan tahapan yang sudah ditentukan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai NasDem Sumatera Utara Salman Ginting yang hadir dalam kesempatan itu menyebutkan, seluruh bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah mengembalikan formulir ke Partai NasDem dan seluruh berkas dinyatakan lengkap, maka akan diundang untuk menyampaikan visi dan misinya untuk maju di Pilkada 2020.

Visi dan misi tersebut, katanya, menjadi salah satu acuan bagi Partai NasDem untuk melihat potensi ataupun kemampuan bakal calon kepala daerah untuk bisa diusung oleh Partai NasDem.

“Setelah ini, kemudian akan kita bawa ke DPP Partai NasDem melalui DPW Partai NasDem Sumatera Utara.  Kemudian nantinya, akan dilakukan survei oleh lembaga survei yang direkomendasikan DPP Partai NasDem. Jadi tahapan di partai masih berlanjut,” terangnya.

Selanjutnya, Asner menyampaikan visi dan misinya. Disebutkannya, ia maju sebagai walikota guna membangun Kota Pematangsiantar yang berkualitas dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Untuk mencapai visi, katanya, perlu ada misi, yakni memberikan pelayanan pemerintahan yang cepat, tepat, dan responsif. Lalu, meningkatkan kualias sumber daya aparatur yang profeseional, serta membangun budaya organisasi pemerintahan yang berintegritas dan berkarakter.

“Intinya yang mau sampaikan soal pemerintahan ini adalah, penempatan jabatan struktural itu haruslah sesuai keahlian dan bidangnya masing-masing. Sehingga pelayanan bisa berjalan dengan baik, dan visi pemerintahaan dapat terwujud,” paparnya.

Lulusan SMA Negeri 1 Pematangsiantar ini melanjutkan, kondisi Kota Siantar sangat jauh tertinggal dibandingkan kota-kota lainnya. Padahal Siantar merupakan kota penyangga.

“Kita ketahui, ada Pelabuhan Kuala Tanjung, KEK Sei Mangkei, kemudian pengembangan kawasan Danau Toba. Artinya, Kota Siantar harus bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” terang pria kelahiran 19 Juli 1961 ini.

Salah satu upaya untuk mendukung program itu, lanjutnya, dengan memerbaiki seluruh infrastruktur di Pematangsiantar. Infrastruktur itu tidak hanya menyentuh tingkat kecamatan, melainkan hingga ke gang-gang kecil.

“Sektor pariwisata dan wisata kuliner harus kita benahi. Sebab harus ada yang dijual di kota ini. Lalu, bidang olahraga. Perhelatan PON di masa mendatang, yang mana Sumatera Utara menjadi tuan rumah. Maka, kita harus persiapkan diri sejak saat ini. Sarana prasarana olahraga diperbaiki sehingga kita bisa mengusulkan Siantar menjadi tuan rumah untuk salah satu cabang olahraga. Misalnya bola voli dan lain-lain,” terang pria yang meraih gelar sarjana Strata Dua (S-2) dari Institut Teknologi Sepuluh November ini.

Masih kata pria yang berkarir di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini, salah satu keinginannya untuk mengembangkan Pematangsiantar adalah dengan mendirikan perguruan tinggi atau universitas negeri.

“Lantas dari mana dananya untuk mewujudkan misi ini? Kita ketahui, kalau hanya mengandalkan APBD, tentu tidak sanggup. Maka saya akan mengupayakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Surat Berharga Sukuk Negara (SBSN). SBSN ini dapat digunakan untuk peningkatan infrastruktur maupun pendidikan di daerah,” terangnya sembari menambahkan, SBSN ini pernah dimanfaatkan Kementerian PUPR saat membangun pelebaran jalan dari Natal ke Batang Toru, Kabupaten Mandailing Natal, dengan biaya Rp300 miliar.

“Seorang kepala daerah memang harus bisa seperti multi level marketing dengan tujuan pembangunan daerah,” tukasnya.

Selanjutnya, pengurus Partai NasDem memberikan pertanyaan dan menyampaikan harapan kepada Asner demi mewujudkan Kota Siantar yang maju. Adapun harapan Partai NasDem yaitu, supaya kawasan Tanjung Pinggir yang merupakan aset BUMN dapat segera diselesaikan pelepasannya kepada Pemko Pematangsiantar. Kemudian, pendirian perguruan tinggi negeri. Sehingga masyarakat Siantar tidak perlu lagi harus ke luar daerah untuk kuliah.

Dalam kesempatan itu, para pengurus Partai NasDem menilai visi dan misi yang disampaikan Asner sudah cukup baik untuk kemajuan Kota Siantar. (pra)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close