Berita

Pelayanan Prima, Promosi Potensi Wisata Kawasan Danau Toba

TAPUT, FaseBerita.ID –  Pudir I Politeknik Pariwisata Palembang Dilla Pratiyudha mengakui, potensi yang dimiliki Danau Toba khususnya Tapanuli Utara untuk mendukung even ataupun kalender wisata yang diajukan kabupaten se kawasan Danau Toba. Hal itu dikatakannya dalam bimbingan teknis (Bimtek)  destinasi super prioritas Danau Toba pelayanan prima bidang pariwisata kawasan Danau Toba, bertempat di Hotel Esther Kecamatan Siborongborong, Rabu (13/11/2019).

“Jika dipoles sumber daya alam maupun manusianya sehingga  berkualitas, maka akan semakin prima, dan wisatawan betah dan tinggal lebih lama lagi,” kata Dilla Pratiyudha Pembantu Direktur 1 Bidang Akademi dan Kemahasiswaan Politeknik Pariwisata Kemenpar Palembang selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Raski Fitra SST Par/Kepala Divisi Pemasaran Nusantara Badan Otorita Danau Toba (BODT) Kementrian Pariwisata mengatakan, terutama kalender wisata  harus disiapkan Dinas Pariwisata Tapanuli Utara.

“BPODT siap mendukung even ataupun atraksi wisata Taput, namun kita harap agar menarik minat wisatawan sifatnya kelender tahunan ataupun kontinu,” ujarnya di sela-sela tampil sebagai narasumber.

Dikatakan, potensi wisata sudah sangat mendukung baik secara assebilitas ada Bandara Silangit Internasional, infrastruktur dan panoramanya. “Hanya tinggal perbanyak atraksi wisata yang bisa membuat wisatawan stay longer (tinggal lebih lama),” imbuhnya. Menurut Riska, seperti di Samosir penampilan musik tahunan (Samosir Fiesta), atau seperti di Tobasa yang dilakukan di Nomadic Kaldera.

“Kalau kita pada prinsipnya siap mendukung bekerjasama dengan Kemenpar. Kalau masalah sumber daya manusia ada pelatihan maupun Bimtek bagi pelaku wisata yang secara intens dilakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata melalui Sekdis Benny Simanjuntak meminta perhatian BPODT untuk mendukung berbagai even wisata di Taput. Salah satu visi misi Bupati Nikson Nababan yakni menjadikan Taput daerah wisata.

“Kita punya even wisata tahunan yakni lomba pacuan kuda, Festival Bona Pasogit maupun Desember Fair, dan juga wisata penunjang Danau Toba di antaranya Salib Kasih, Hutaginjang, Air Soda, Air Panas Sipoholon maupun wisata kebun Nenas,” katanya.

Untuk itu, Benny berharap dukungan dari BPODT agar kalender wisata di Taput berjalan dan kunjungan wisatawan meningkat.

“Pak Bupati siap mendukung sarana prasarana pendukung dan penunjang. Kota Muara sebagai salah satu wilayah Taput yang berada di perairan Danau Toba telah dikemas, dan pembangunan dermaga serta kapal penyeberangan ke Samosir salah satu upaya untuk percepatan destinasi Danau Toba,” katanya. (as/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close